Selasa 30 Jul 2019 23:00 WIB

Kecamatan Cipayung Deklarasi Pengurangan Sampah Plastik

Masyarakat dalam setiap kesempatan diimbau agar tidak sering menggunakan plastik.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Endro Yuwanto
Sampah plastik, ilustrasi
Sampah plastik, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Kecamatan Cipayung, Kota Depok, mengimbau masyarakat dalam setiap kesempatan agar tidak lagi menggunakan plastik. Keseriusan ini juga dibuktikan dengan deklarasi yang ditandatangani seluruh unsur terkait di wilayah Kecamatan Cipayung, Kota Depok, Selasa (30/7).

"Ini bukti komitmen kami untuk bersama-sama memulai sebuah langkah yang bertujuan positif dan sangat baik, yaitu pengurangan penggunaan kemasan, kantong, botol, serta gelas yang berbahan plastik. Terutama plastik sekali pakai,” ujar Camat Cipayung Asep Rahmat.

Menurut Asep, sebagai alternatif, masyarakat diminta untuk menggunakan tempat makan maupun minum berbahan dasar organik atau bahan yang mudah terurai. Selain itu, dirinya menyarankan masyarakat untuk membawa botol dan tempat makan yang bisa dipakai berkali-kali.

"Bawalah botol minum setiap hari, juga tempat makan. Hal kecil ini bisa membawa perubahan yang besar jika dilakukan bersama. Untuk itu, kami juga sudah memberikan contoh dalam setiap kegiatan di kecamatan, kami tidak menggunaan tempat sekali pakai," jelas Asep.

Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Depok Elly Farida juga mendukung deklarasi yang digagas Kecamatan Cipayung. Bahkan pihaknya sudah menyiapkan puluhan tas berbahan kanvas untuk dibagikan peserta dalam acara tersebut.

"Sudah kami siapkan tas untuk peserta yang bisa digunakan berkali-kali. Mudah-mudahan melalui aksi nyata ini bisa membuat lingkungan menjadi lebih baik," terang istri Wali Kota Depok Mohammad Idris ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement