Selasa 09 Jul 2019 15:46 WIB

Warga Desa Temukan Potongan Kepala Hangus Terbakar

Potongan kepala yang hangus ditemukan bersama potongan kaki dan tangan.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Indira Rezkisari
Police line
Foto: Wikipedia
Police line

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS -- Warga Dusun Plandi Desa Watuagung Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas, dikejutkan dengan temuan potongan kepala manusia, kaki dan tangan dalam kondisi hangus terbakar. Temuan kepala tersebut, ditemukan di pinggir jalan desa tak jauh dari kawasan hutan dan  jauh dari pemukiman warga, Senin (8/7) petang.

''Kita masih menyelidiki kasus itu. Yang pertama kita harus kita ketahui identitas korban. Kita juga belum tahu jenis kelamin korban, karena kondisinya sudah hangus dan dan tidak ada bagian tubuhnya,'' jelas Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun, Selasa (9/7).

Baca Juga

Saat ini, potongan kepala, kaki dan tangan korban sudah dievakuasi ke RSU Margono Soekarjo Purwokerto untuk autopsi. Melalui autopsi diharapkan bisa diketahui jenis kelamin korban.

Berdasarkan informasi warga sekitar, temuan  potongan kepala, tangan dan kaki korban berawal dari laporan adanya pejalan kaki yang melintas di lokasi dan melihat ada benda menyerupai kepala di tumpukan daun yang hangus terbakar. Merasa curiga dengan benda tersebut, warga kemudian memeriksanya.

''Ketika diperiksa, ternyata benda yang menyerupai kepala itu benar-benar kepala manusia yang sudah hangus,'' kata Pariman, warga setempat.

Dari temuan tersebut, warga yang menemukan kemudian melapor pada aparat desa yang kemudian diteruskan ke pihak kepolisian. Dari pemeriksaan petugas, diketahui bahwa benda yang ditemukan dalam kondisi hangus terbakar tidak hanya potongan kepala saja. Melainkan juga ada potongan kaki dan tangan, yang juga dalam kondisi hangus. Namun potongan tubuh korban, tidak ada di lokasi.

Pariman juga menyatakan, pagi sebelum potongan kepala tersebut ditemukan beberapa warga sempat melihat mobil berhenti di sekitar lokasi temuan. Selain itu, beberapa warga juga sempat melihat asap api yang mengepul dari lokasi.

Namun saat itu tidak ada warga yang curiga, karena mengira orang itu hanya sedang membakar sampah biasa. ''Kami baru tahu yang dibakar adalah potongan kepala, kaki dan tangan manusia, setelah potongan tubuh itu ditemukan warga,'' katanya.

Dusun Plandi Desa Watuagung merupakan salah satu desa terpencil di Kabupaten Banyumas. Lokasinya berada di wilayah hutan perbukitan utara Kecamatan Tambak, dan berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Banjarnegara. Karena itu, temuan tersebut sempat membuat geger masyarakat setempat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement