Jumat 22 Feb 2019 21:46 WIB

Gangguan, Rute KRL Manggarai-Pasar Minggu Capai Dua Jam

PT KCI menyebut KRL terlambat karena ada gangguan di Stasiun Lenteng Agung

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Gangguan Operasional KRL. Penumpukan penumpang terjadi di Staisun Pasar Minggu Baru akibat gangguan operasional KRL di Stasiun Lenteng Agung. Jumat (22/2).
Foto: Republika/Dea Alvi Soraya
Gangguan Operasional KRL. Penumpukan penumpang terjadi di Staisun Pasar Minggu Baru akibat gangguan operasional KRL di Stasiun Lenteng Agung. Jumat (22/2).

REPUBLIKA.CO.ID, Bogor -- Kereta Api Commuterline 1176 rute Jakarta Kota-Bogor mengalami gangguan operasional di Stasiun Lenteng Agung. Gangguan ini mengakibatkan sejumlah perjalanan terganggu, dan menyebabkan penumpukan penumpang. 

Terganggunya perjalanan KRL, menyebabkan durasi tempuh KRL dari Stasiun Manggarai hingga Stasiun Pasar Minggu terlambat. Salah satu penumpang, Adi, mengatakan, biasanya dia hanya butuh 30 menit untuk bisa sampai di Stasiun Pasar Minggu. 

“Bisanya dari Manggarai ke Pasar Minggu cuma setengah jam, karena ada gangguan jadi dua jam,” kata pria yang berprofesi sebagai karyawan swasta itu. 

VP Komunikasi PT KCI Eva Chairunnisa mengatakan, gangguan di Stasiun Lenteng Agung telah terjadi sejak pukul 19.00 WIB dan saat ini masih dalam proses penanganan petugas. Sementara proses pemeriksaan dan perbaikan dilakukan, sejumlah perjalanan KRL dari arah Bogor dari Jakarta Kota atau Jatinegara masih mengalami antrian KRL. Sedangkan perjalanan KRL tujuan Jakarta Kota/Jatinegara masih berjalan normal.

“PT KCI memohon maaf atas adanya gangguan operasional yang terjadi di KA 1177 relasi Jakarta Kota-Bogor yang terjadi di Stasiun Lenteng Agung,” kata Eva saat dihubungi Republika, Jumat (22/2). 

Saat dihubungi lebih lanjut, Eva mengatakan saat ini petugas sedang dalam proses penyambungan untuk mengevakuasi kereta yang bermasalah. Akibat gangguan ini, tak sedikit penumpang terpaksa mencari transportasi lain dan selebihnya memilih bertahan. 

“Ini sedang proses penyambungan dan KA yang terganggu akan ditarik menuju Stasiun Depok Lama,” kata Eva. 

Sisi, salah satu penumpang KRL Jatinegara-Bogor yang juga mengalami keterlambatan perjalanan, mengaku telah tertahan hingga dua jam. Dia mengatakan, akibat gangguan perjalanan ini, kereta yang ditumpanginya sempat tertahan cukup lama di sejumlah stasiun. 

“Dari di Staisun Manggarai udah tertahan hampir setengah jam lebih, terus di Cawang, Kalibata sama Pasar Minggu baru juga tertahan cukup lama,” kata Sisi. 

Kereta, kata perempuan yang bertujuan ke Stasiun Pasar Minggu ini, telah tertahan di Stasiun Manggarai sejak pukul 19.00 WIB dan baru berangkat sekitar pukul 19.30 WIB. Setelah itu, KRL rute Jatinegara-Bogor ini juga sempat tertahan cukup lama di beberapa stasiun lain seperti Cawang, Duren Kalibata, dan Pasar Minggu Baru. 

“Lama banget ketahannya, tapi kalau turun, tanggung,” kata Lani, salah satu penumpang lain. 

Humas KCI, Eva Chairunnisa menyarankan, bagi penumpang yang tidak dapat menunggu disarankan untuk menggunakan moda lain, sementara bagi yang telah melakukan transaksi tiket dan memutuskan untuk berpindah moda maka pengguna jasa dapat melakukan proses pengembalian tiket di loket Stasiun terdekat.

“PT KCI menghimbau kepada seluruh pengguna jasa untuk tetap mengikuti arahan petugas di lapangan,” kata Eva. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement