Jumat 18 Jan 2019 18:00 WIB

Seekor Panda Merah Lahir di Taman Safari Indonesia

Panda merah merupakan sejenis binatang menyusui di dalam ordo karnivora.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Dwi Murdaningsih
Bayi panda merah lahir di Taman Safari Indonesia (TSI), Cisarua, Kabupaten Bogor, Kamis (17/1).
Foto: Instagram: Menteri LHK Siti Nurbaya
Bayi panda merah lahir di Taman Safari Indonesia (TSI), Cisarua, Kabupaten Bogor, Kamis (17/1).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Seekor panda merah atau Ailurus fulgens dari pasangan panda raksasa bernama Xing Xing (8) dan Bai Bai (9) lahir di  Taman Safari Indonesia (TSI), Cisarua, Kabupaten Bogor, Kamis (17/1).Pasangan ini datang ke Taman Safari Bogor dari Guangzhou, Cina pada 13 Oktober 2017. Kelahiran panda merah ini mendapat sorotan dari pejabat publik dan juga warganet.

“Alhamdulillah, terima kasih, Tuhan. Baru saja menerima kabar bahwa pada hari ini (17/1) panda di Istana Panda TSI melahirkan,” kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya di akun Instagram dan Twitternya.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Alhamdulillah, terima kasih Tuhan. Baru saja menerima kabar bahwa pada hari ini Red Panda di Istana Panda TSI Taman Safari Indonesia Cisarua melahirkan🐻🐼🙂. . Ini merupakan peristiwa yang pertama di Indonesia. Terima kasih atas dukungan dan kerja sama yang baik dari semua pihak🙂🙏. . . #tamansafari #redpanda #panda

Sebuah kiriman dibagikan oleh Siti Nurbaya Bakar (@siti.nurbayabakar) pada

Menurut dia, kelahiran bayi panda merah ini merupakan yang pertama kalinya terjadi di Indonesia. Ibu dan ayah bayi panda tersebut, kata dia, dikirimkan dari negeri panda yakni Cina pada 2017. Dia juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerja sama dari semua pihak.

Para warganet turut berkomentar dengan adanya kelahiran panda merah tersebut. Komentar yang dilontarkan beragam, mulai dari senang dan juga gemas dengan bayi panda merah yang hadir di Indonesia.

Panda merah merupakan sejenis binatang menyusui di dalam ordo karnivora. Sesuai namanya, panda merah memiliki bulu tebal yang berwarna merah kecokelatan dan berkaki hitam. Bentuk mukanya bulat berwarna putuh denhan garis merah kecoklatan dari mata ke mulutnya.

Meskipun memiliki sistem pencernaan sebagai karnivora, panda merah memiliki kebiasaan seperti hewan herbivora di mana makanan utamanya adalah bambu, akar-akaran, serta buah-buahan. Daerah sebaran panda merah berada di Asia Tengah. Spesies jenis ini umumnya ditemukan di pegunungan Himalaya, Bhutan, Cina, India, Laos, Myanmar, dan Nepal.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement