Jumat 07 Dec 2018 15:23 WIB

Bupati Kepulauan Seribu Pimpin Grebeg Sampah

Grebeg sampah yang dilakukan bergilir itu kini digelar di Pulau Untung Jawa.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Andi Nur Aminah
Bupati Kepulauan Seribu, Husein Murad (Baju Putih Oranye) memimpin kegiatan gempur sampah di Pulau Untung Jawa, Jumat (7/12).
Foto: Dok. Pemkab Kepulauan Seribu
Bupati Kepulauan Seribu, Husein Murad (Baju Putih Oranye) memimpin kegiatan gempur sampah di Pulau Untung Jawa, Jumat (7/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu melakukan aksi grebeg sampah di pantai mangrove, Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Jumat (7/12). Pembersihan sampah serentak ini diikuti oleh Aparatur Sipil Negara (ASN), Dewan Kabupaten, Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), petugas Pesisir Pantai Sudin Lingkungan Hidup, PJLP Sumber Daya Air, Damkar, RT, RW, Kader Jumantik, karang taruna dan warga pulau Untung Jawa.

Bupati Kepulauan Seribu, Husein Murad mengatakan, grebeg sampah ini rutin dilaksanakan setiap Jumat pagi secara bergantian di sebelas Pulau permukiman. "Kami sangat konsen dan peduli terhadap kebersihan pulau, karena modal utama kita adalah bersih. Apalagi Pulau Seribu merupakan tempat wisata," kata Husein.

Husein menyampaikan, sampah yang menumpuk dapat menganggu kenyamanan dan memengaruhi jumlah wisatawan. "Kalau pengunjung yang sepi, maka akan berdampak pada angukutan kapal, homestay, pedagang menjadi sepi dan menggangu perekonomian," ujarnya.

Sementara itu, Lurah Pulau Untung Jawa, Ade Slamet mengatakan, pembersihan sampah di pulau Untung Jawa sampah dilakukan di tiga lokasi yaitu di wilayah RW 01, 02 dan 03. "Alhamdulillah gerebek sampah berjalan dengan lancar. Selain membersihkan lingkungan kami pun membersihkan pantai dan laut," ucapnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement