REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok memberikan pelatihan kemasan produk ke 200 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).
"Para pelaku UMKM diberikan pemahaman serta cara mendesain kemasan yang menarik dan memiliki daya jual," ujar Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Mikro (PUPM) DKUM Kota Depok Diana Puspitasari dalam siaran persnya yang diterima Republika.co.id, Ahad (2/12).
Diana mengutarakan, pelatihan bertujuan agar para pelaku IKM dapat membuat dan mendesain kemasan produknya dengan menarik. Dengan kemasan yang menarik mampu untuk meningkatkan minat konsumen untuk membeli produknya.
"Kemasan itu menggambarkan brand dari produk yang dijual. Untuk itu, kemasan harus didesain menarik, baik dari filosofi logo, brand, dan warna kemasan," tutur Diana.
Menurut Diana, selain untuk menarik minat konsumen, kemasan juga berfungsi untuk mencantumkan komposisi dari produk makanan yang dijual. Dengan begitu, dapat memberikan rasa aman kepada para konsumen yang membeli produk tersebut.
"Mudah-mudahan lewat pelatihan ini, para pelaku UMKM dapat secara mandiri mendesain produknya, sehingga bisa meningkatkan daya saing dan perkembangan usaha ke depan," pungkasnya.