Jumat 26 Oct 2018 20:22 WIB

Jokowi Angkat Syafiq Mughni Sebagai Pengganti Din Syamsuddin

Syafiq pun nonaktif dari posisinya sebagai Ketua PP Muhammadiyah.

Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerja sama Antaragama dan Peradaban (UKP-DKAAP) Syafiq Mughni.
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerja sama Antaragama dan Peradaban (UKP-DKAAP) Syafiq Mughni.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo mengangkat Syafiq A Mughni menjadi Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerja sama Antaragama dan Peradaban (UKP-DKAAP) menggantikan M Din Syamsuddin yang sudah mengundurkan diri. Dalam siaran pers Kantor UKP-DKAAP di Jakarta, Jumat (26/10), pengangkatan itu berdasar pada Keputusan Presiden Nomor 52/M Tahun 2018.

Pengangkatan Syafiq untuk menggantikan M Din Syamsuddin yang mengundurkan diri pada 21 September 2018. Setelah menerima penunjukan dirinya sebagai UKP-DKAAP, Syafiq pun nonaktif dari posisinya sebagai Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah bidang Hubungan Antaragama dan Peradaban.

Presiden Jokowi menugaskan Syafiq untuk mengembangkan dialog sekaligus kerja sama antaragama, baik di dalam maupun luar negeri. Dalam Keputusan Presiden itu juga dijelaskan sebagai UKP-DKAAP, Syafiq mengemban mandat mempromosikan kehidupan umat Islam Indonesia berdasarkan prinsip wasatiyah.

Syafiq merupakan Guru Besar Peradaban Islam di UIN Sunan Ampel Surabaya. Ia juga pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Dia juga pernah duduk sebagai Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement