Rabu 05 Sep 2018 14:51 WIB

'Erick Thohir dan Chairul Tanjung Calon Ketua Timses Jokowi'

Koalisi memilih pengusaha pengusaha untuk hindari konflik kepentingan antarparpol.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ratna Puspita
Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) M Romahurmuziy (tengah) menjawab pertanyaan wartawan usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (23/8).
Foto: Antara/Wibowo Armando
Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) M Romahurmuziy (tengah) menjawab pertanyaan wartawan usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (23/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum PPP Romahurmuziy menyebut capres Joko Widodo (Jokowi) akan menentukan ketua tim kampanye nasional (TKN) pada pekan ini. Menurut Romi, panggilan akrab Romahurmuziy, Jokowi akan memilih ketua TKN yang dekat dengan kalangan pengusaha dan dapat menjadi representasi dari generasi milenial masa kini. 

Selain itu, ia mengatakan, figur ketua TKN tersebut juga harus memiliki komunikasi yang baik dengan seluruh partai politik. “Mungkin 1-2 hari ini (diumumkan), hasil pembicaraan saya barusan dengan beliau," jelas Romi di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Rabu (5/9).

Beberapa nama yang masuk dalam pembahasan, yakni Erick Thohir dan Chairul Tanjung. Ia mengatakan koalisi partai politik pendukung Jokowi-Ma'ruf dapat menerima baik nama Erick Thohir maupun Chairul Tanjung. 

Menurut Romi, kubu Jokowi-Ma'ruf lebih memilih figur dari kalangan pengusaha untuk menghindari konflik kepentingan antarparpol serta dinilai lebih independen. Ia menambahkan Chairul Tanjung merupakan figur yang dapat berkomunikasi dengan seluruh partai politik.

photo
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla (kanan), Sekretaris Kabinet Pramono Anung (kedua kanan), Ketua Inasgoc Erick Thohir (ketiga kanan) dan CdM Indonesia untuk Asian Games 2018 Komjen Syafruddin (keempat kanan) memberikan sambutaan saat pemberian bonus kepada atlet peraih medali di Istana Negara, Jakarta, Ahad (2/9). (Antara)

Sementara itu, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengisyaratkan nama Erick Thohir yang akan terpilih menjabat sebagai ketua TKN. Sebab, pemilik Republika tersebut merupakan kandidat paling energik.

"Kasih aja yang paling energik, ini kan tugas berat. Siapa yang paling energik, siapa namanya dua tadi? Ya dua-duanya boleh, tetapi Erick nomor satu barang kali paling mantap," ujar Surya Paloh di Kompleks Istana Presiden, Jakarta. 

Pada Selasa (4/9), Sekretaris Jendral PDIP Hasto Kristyanto mengatakan Erick menjadi favorit karena keberhasilan penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Erick merupakan ketua Panitia Asian Games 2018 (Inasgoc). 

Sekretaris Jendral Golkar Lodewijk F Paulus enggan berkomentar lebih jauh terkait peluang Erick mengepalai TKN Jokowi-Ma'ruf. Kendati demikian, ia mengatakan, Golkar akan menerima keputusan Jokowi terkait ketua tim sukses. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement