Selasa 10 Jul 2018 22:21 WIB

Penataan Trotoar Thamrin-Sudirman Rampung Akhir Juli

Saat ini sedang dilakukan percepatan pekerjaan cor lantai trotoar.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Ani Nursalikah
Warga berjalan kaki di dekat proyek penataan trotoar di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Warga berjalan kaki di dekat proyek penataan trotoar di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penataan trotoar di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin masih dalam tahap pengerjaan. Akhir Juli nanti diharapkan trotoar tersebut sudah dapat digunakan, tepatnya sebelum pelaksanaan Asian Games 2018.

"Terkait penataan trotoar di Sudirman, saat ini sedang dilakukan pengerjaan. Kita harapkan pada akhir Juli ini sudah rapi dan fungsional," kata Kepala Bidang Simpang dan Jalan Tak Sebidang Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta, Heru Suwondo saat dihubungi Republika.co.id, Selasa (10/7).

Heru menuturkan, kondisi jalan di trotoar tersebut saat ini sudah lurus. Bahkan, movable concrete barrier (MCB) yang dipasang juga sudah dikeluarkan dari area kegiatan penataan trotoar. Saat ini sedang dilakukan percepatan pekerjaan cor lantai trotoar. Selain itu, juga dilakukan pemasangan ubin, pemasangan bingkai trotoar, dan penanaman pohon.

Pohon yang ditanam merupakan pohon palem. Pohon tersebut ditanam di sepanjang trotoar di Jalan Sudirman-Thamrin.

photo
Pekerja menyelesaikan pembangunan trotoar di Jalan Sudirman, Jakarta, Rabu (4/7).

Ia pun optimistis pada akhir Juli nanti trotoar sudah dapat difungsionalkan. Sesuai dengan target penyelesaian pada 22 Juli, ia optimistis bingkai trotoar dan jalan sudah rapi dan lurus pada saat tersebut.

"Akhir Juli sudah tidak ada kegiatan di lapangan," katanya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan, perbaikan di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin terus dikebut. Lubang-lubang konstruksi yang dikerjakan MRT akan ditutup dan akan dilanjutkan pengerjaannya usai Asian Games. Ia meyakini semuanya akan selesai sesuai jadwal, yakni sebelum Asian Games resmi dibuka Agustus mendatang.

"Jadi kalau Anda lihat di balik dinding-dinding itu sudah rapi tinggal diratakan. Bahkan kalau dilihat sepanjang Jalan Sudirman sudah mulus jalannya," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement