Kamis 26 Apr 2018 20:29 WIB

Pengamat: Jokowi dengan Dua Nama Ini Bakal Jadi Lawan Berat

Elektabilitas Jokowi akan naik jika disandingkan dengan TGB atau Menteri Susi

Rep: Mabruroh/ Red: Bilal Ramadhan
Gubernur NTB TGB Zainul Majdi menjadi narasumber dalam acara diskusi Forum belajar bersama bertemakan
Foto: Humas Pemprov NTB
Gubernur NTB TGB Zainul Majdi menjadi narasumber dalam acara diskusi Forum belajar bersama bertemakan "Toleransi Beragama/ Berkeyakinan di Indonesia : Fakta dan Prospeknya" di Kampoeng Percik (The Institute For Social Research, Democracy and Social Justice di Salatiga, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (28/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden RI Joko Widodo belum bersuara perihal siapa yang bakal menjadi pendampingnya dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2019 nanti. Meskipun sejumlah nama telah coba diwacanakan akan mendampingi petahana tersebut.

Menurut Founder Lembaga Survei KedaiKOPI Hendri Satrio saat ini Elektabilitas Jokowi masih dibawah 50,1 persen. Jokowi, menurut Hendri bisa saja menaikkan elektabilitasnya asalkan mendapatkan pasangan yang bisa menaikkan elektabilitasnya.

Saat ditanyakan mengenai siapa yang bakal mendongkrak Elektabilitas Jokowi di mata masyarakat, Hendri menyerukan dua nama tokoh. Yang mana menurut dia, jika Jokowi bersanding dengan salah satu dari dua tokoh ini, maka akan membuat lawannya keliyengan.

"Kalau Jokowi disandingkan dengan TGB Zainul Madji atau Susi Pudjiastuti, ini elektabilitas Jokowi bisa lewat 50,1 persen. Jokowi harus pertimbangkan itu," ujar Hendri, Kamis (26/4).

Jika kemudian dua nama tersebut dipertimbangkan oleh mantan Wali Kota Solo itu, menurut Hendri maka lawan Jokowi di Pilpres 2019 akan kesulitan untuk mendapatkan cawapres yang seimbang. Ini kata Hendri akan membuat Pilpres 2019 menjadi semakin menarik.

"Repot buat lawan Jokowi kalau Jokowi milih TGB atau Susi, karena (pihak lawan akan bingung) milih siapa kira-kira wapresnya. Ini menarik," ungkap Hendri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement