Kamis 19 Apr 2018 20:08 WIB

Warga Inginkan Infrastruktur Jalan di Kawasan Gunung Wilis

Puti Guntur mempunyai rencana kebijakan Seribu Desa Wisata atau Seribu Dewi.

Puti Guntur Soekarno
Foto: istimewa/humas
Puti Guntur Soekarno

REPUBLIKA.CO.ID, TULUNGAGUNG - Warga di kawasan Gunung Wilis mengusulkan agar infrastruktur jalan di kawasan tersebut dipercepat. Mengingat kawasan Gunung Wilis di sisi Tulungagung disiapkan menjadi destinasi wisata alternatif, setelah Batu.

“Sudah ada jalan tol dari Surabaya yang tembus Kertosono. Di Kediri juga akan dibangun bandara. Nanti akan dibangun jalan tol Kediri-Tulungagung. Diprediksi kelak Surabaya-Tulungagung hanya butuh 2 jam,” kata Calon Bupati pejawat Tulungagung Syahri Mulyo, saat berdialog dengan Calon Wakil Gubernur Pilkada Jawa Timur, Puti Guntur Soekarno.

Puti berdialog dengan warga di kawasan Gunung Wilis, ketika peresmian area wisata Tunjung Biru, di Desa Geger, Kecamatan Sendang, Kamis (19/4).

Tunjung Biru dibangun beberapa bulan terakhir oleh investasi swasta. “Dulu tempat pegunungan biasa. Hawanya sejuk. Suasana alamnya masih asli,” kataKetua DPRD Tulungagung, Supriyono, dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id.

Untuk mencapai Tunjung Biru, kata Ketua Kelompok Sadar Wisata Tunjung Biru Santoso, harus ditempuh melalui jalan berkelok-kelok dan menanjak. Kondisi jalannya jauh dari mulus. “Untuk menuju ke sini, fasilitas jalannya masih jauh dari memadai. Semoga ke depan bisa dibenahi,” kata Budi Santoso,

Dulu, lanjutnya, kawasan itu tempat perkebunan teh di jaman Belanda. Kemudian ada Candi Penampikan, warisan Mataram Hindhu. Masih ada air terjun Lawean. Berasal dari kata Jawa ‘Selawe’. Artinya, dua puluh lima. Karena jumlah air terjunnya banyak.

Proyek Selingkas Wilis akan menyatukan enam daerah: Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo, Madiun, Nganjuk dan Kediri. Atau, disingkat Tunggal Rogo Mandiri. Diperkirakan realisasi itu akan memicu banyak efek ekonomi dan perubahan sosial.

Terkait itu, Puti Guntur mempunyai rencana kebijakan Seribu Desa Wisata atau Seribu Dewi. Yakni, mendorong munculnya desa-desa wisata di Jawa Timur.

Puti Guntur mendukung upaya mendesain Tulungagung menjadi destinasi wisata “Batu kedua”, karena keadaan alamnya yang mendukung. Ia bahkan menyebut Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimuljono telah berkomitmen untuk merealisasi Lingkar Wilis.

“Menteri PU, Pak Basuki telah berjanji akan mewujudkan Selingkar Wilis. Karena ini menjadi proyek strategis nasional,” kata Puti.

Puti melihat munculnya desa wisata akan punya efek berantai. Seperti  Desa Geger, Sendang. Setelah disulap menjadi Desa Wisata, muncul ibu-ibu rumah tangga yang berjualan.  “Kelak pasti muncul rumah-rumah industri kecil-kecil, yang mengolah bahan baku susu menjadi produk olahan lain,” kata Puti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement