Sabtu 24 Feb 2018 15:35 WIB

Bali Tetap Jadi Destinasi Favorit Wisatawan Australia

Saat ini status Gunung Agung telah diturunkan menjadi level 3 atau Siaga.

Wisatawan bermain bola di pantai Kuta, Bali.
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Wisatawan bermain bola di pantai Kuta, Bali.

REPUBLIKA.CO.ID,  MANGUPURA -- Pulau Bali masih tetap menjadi tujuan wisata (destinasi) favorit bagi wisatawan mancanegara asal Australia. Hal ini terlihat dari puluhan buyers yang antusias hadir dalam Sales Mission dan Table Top yang dilaksanakan Pemkab Badung di Australia, 22-24 Februari. "Kegiatan itu kami adakan selama tiga hari bersama Disparda Badung di Australia," kata Kepala Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Badung, I Gusti Ngurah Rai Suryawijaya, dalam siaran pers yang diterima di Mangupura, Sabtu (24/2).

Ia menyatakan kegiatan yang bekerja sama dengan PT Garuda Indonesia itu digelar di tiga kota besar di Australia. Ketiga kota itu adalah Perth, Melbourne dan Sydney yang dihadiri lebih dari 50 buyers (whole sallers dan travel agent). "Mereka antusias menghadiri sejak awal kegiatan yang kami adakan di Kota Perth, Australia," kata Rai yang juga Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Badung itu.

Kepada mereka, ia menjelaskan saat ini status Gunung Agung telah diturunkan menjadi level 3 (Siaga). Sehingga Bali relatif aman dan sangat layak dikunjungi.

Apalagi, pihaknya juga telah menyiapkan standar operasional prosedur (SOP) dalam mitigation plan yang menjamin kenyamanan wisatawan mancanegara yang datang ke Bali. "Pemerintah dan industri akan memberikan jaminan berupa kompensasi akomodasi dan breakfast di hotel tempat tamu menginap jika Gunung Agung meletus dan menyemburkan abu vulkanik yang mengganggu penerbangan sehingga harus terjadi penutupan bandara," katanya.

 

photo
Wahana sky swing di Bali 

Pemerintah juga akan menyiapkan transportasi gratis dan menyediakan konsumsi bagi wisatawan dalam perjalanan menuju lokasi terminal keberangkatan. Hal itu jika wisatawan harus meninggalkan Bali melalui bandara terdekat seperti Banyuwangi, Surabaya dan Lombok.

Rai Suryawijaya menambahkan, pada 2018 target kunjungan wisatawan Australia ke Pulau Bali sebanyak 1,3 juta orang dan 1,5 juta wisatawan ke Indonesia. "Untuk mencapai target tersebut, harus dibarengi dengan kerja keras melalui promosi baik keluar negeri maupun mengundang melalui fam trips ke Bali.

Selain itu, peran media juga sangat penting untuk menginformasikan destinasi yang nyaman dan aman. Terutama dengan menjelaskan mitigasi dalam kondisi darurat yang telah dirancang pemerintah untuk itu.

Sementara itu, Kadisparda Pemkab Badung, Made Badra dalam kesempatan tersebut mempresentasikan tentang kesiapan destinasi dan industri di Kabupaten Badung. Yaitu peningkatan infrastruktur jalan, objek dan kebersihan objek bagi wisatawan mancanegara yang khususnya akan mengunjungi Badung.

Made Badra juga menyampaikan informasi terkait pengembangan desa wisata di Badung Utara serta beragam pilihan atraksi wisata. Contohya, seperti wedding, spa dan golf serta berbagai atraksi untuk menarik wisatawan agar tinggal lebih lama tinggal di kawasan Badung dan Bali.

 

photo
Wisatawan mancanegara mengunjungi kawasan wisata Pantai Kelan, Badung, Bali.

"Kami juga mengundang rekanan bisnis untuk ikut bergabung dan menghadiri kegiatan Bali and Beyond Travel Fair (BBTF) yang rencananya akan digelar pada 26 hingga 30 Juni mendatang di BNDCC, Nusa Dua dan di kawasan Garuda Wisnu Kencana," katanya.

Made Badra menjelaskan, kegiatan BBTF tersebut digelar untuk mempertemukan para buyers. Jumlah buyers ini ada ratusan dan siap bertransaksi dengan para pelaku industri di seluruh kabupaten/kota se-Bali dan delegasi dari sekitar 150 negara.

Dalam kegiatan tersebut, setiap akhir acara, panitia selalu memberikan sejumlah doorprize dari industri berupa voucher menginap di hotel. Termasuk spa dan paket wisata dengan hadiah utama berupa tiket PP maskapai Garuda Indonesia untuk melengkapi suksesnya acara sales mission di Australia. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement