Ahad 28 Jan 2018 22:05 WIB

DPRD Sumsel Minta Jembatan Musi VI Siap Sebelum Asian Games

Jembatan yang akan menghubungkan kawasan Seberang Ilir dengan Seberang Ulu.

Rep: Maspril Aries/ Red: Israr Itah
Foto udara arial pembangunan Jembatan Musi VI Palembang, Sumatera Selatan, Senin (2/1).
Foto: Antara/Nova Wahyudi
Foto udara arial pembangunan Jembatan Musi VI Palembang, Sumatera Selatan, Senin (2/1).

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Pembangunan jembatan Musi VI yang melintas di atas sungai Musi kini tengah dalam penyelesaian pembangunan. Jembatan yang akan menghubungkan kawasan Seberang Ilir dengan Seberang Ulu tersebut diharapkan selesai sebelum pelaksanaan Asian Games XVIII yang akan berlangsung 18 Agustus 2 September 2018.

Anggota DPRD Sumatra Selatan (Sumsel) mengunjungi proyek pembangunan jembatan Musi VI tersebut pada Ahad (28/1). Dipimpin Ketua Komisi IV DPRD RA Anita Noeringhati, mereka menemukan masih adanya kendala penyelesaian jembatan tersebut.

"Kami sudah menyampaikan harapan kepada kontraktornya PT Nindya Karya untuk lebih mengoptimalkan pekerjaan pembangunan jembatan Musi VI. Kami meminta kontraktor bisa menyelesaiakan pembangunannya sebelum pelaksanaan Asian Games XVIII," kata Anita.

Kendala yang menghambat pembangunan antara lain masih adanya persoalan pembebasan lahan atau rumah warga. Selain itu konstruksi fisik jembatan yang belum tersambung pada bagian tengah. 

"Kami khawatir saat Asian Games berlangsung, jembatan Musi VI ini tidak bisa digunakan karena belum selesai pembangunannya," ujar Anita.

Menurut anggota DPRD Sumsel dari Fraksi Partai Golkar, kontraktor menyatakan kesanggupan menenyelesaikan pekerjaan pembangunan jembatan Musi VI pada Juli 2018.

Untuk bisa menyelesaikan pembangunan jembatan Musi VI tepat waktu, Anita Noeringhati meminta Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Sumsel untuk melakukan kontrol dan pengawasan agar pekerjaannya sesuai dengan progres pembangunan.

Komisi IV DPRD Sumsel akan terus memantau progres pembangunan jembatan Musi VI. Jembatan ini dibutuhkan sebagai jalan alternatif untuk mengurai kemacetan dari kawasan Seberang Ilir ke Seberang Ulu dan sebaliknya. "Saat Asian Games 2018 nanti, kami ingin jembatan Musi VI sudah berfungsi," kata Anita.

Di Palembang kini tengah dilakukan pembangunan dua jembatan yang melintas sungai Musi dalam waktu hampir bersamaan, yaitu jembatan Musi IV dan jembatan Musi VI. Menurut Kepala Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang Sumsel Ucok Hidayat, pembangunan jembatan Musi VI didanai dari APBD Sumsel dan pembangunan jembatan Musi IV didanai dari APBN. Namun untuk ganti rugi lahan jembatan Musi IV dibebankan pada Pemerintah Provinsi Sumsel melalui APBD. Maspril Aries

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement