Selasa 23 Jan 2018 22:04 WIB

Gempa Berdampak di 30 Kecamatan Sukabumi,156 Rumah Rusak

Rinciannya, 18 unit rumah rusak berat, 57 unit rusak ringan, dan 81 unit rusak ringan

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Budi Raharjo
Kondisi bangunan rumah yang rusak di Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, pasca gempa Banten, Selasa (23/1).
Foto: dok. BPBD Kabupaten Bogor
Kondisi bangunan rumah yang rusak di Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, pasca gempa Banten, Selasa (23/1).

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI -- Bencana gempa bumi 6,4 skala richter (SR) menyebabkan kerusakan ratusan unit rumah di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Ratusan rumah dan sarana umum lainnya ini tersebar di 30 kecamatan di Sukabumi.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyebutkan, jumlah yang mengalami kerusakan hingga pukul 18.00 WIB mencapai sebanyak 156 unit. Rinciannya sebanyak 18 unit mengalami rusak berat, 57 unit rusak ringan, dan 81 unit rusak ringan.

Data ini masih sementara berdasarkan laporan yang masuk pada Selasa (23/1) hingga pukul 18.00 WIB, terang Kepala Bidang Kedarutan dan Logistik, BPBD Kabupaten Sukabumi, Maman Suherman kepada wartawan, Selasa malam. Data tersebut menunjukkan jumlah rumah yang mengalami kerusakan mencapai sebanyak 156 unit yang tersebar di 30 kecamatan Sukabumi dan terdampak pada 244 kepala keluarga (KK).

Puluhan kecamatan yang terdampak bencana gempa yakni Sagaranten, Parakansalak, Jampang Kulon, Simpenan, Cisaat, Kebonpedes, Gunungguruh, Parungkuda, Kalapanunggal, Cikidang, Waluran, Lengkong, Nagrak, Cibadak, Cibitung, dan Kabandungan. Selain itu Kecamatan Bantargadung, Caringin, Warungkiara, Cisolok, Cidolog, Ciambar, Nyalindung, Palabuhanratu, Kalibunder, Cidahu, Jampang Tengah, Cikembar, Pabuaran, dan Cicurug.

Dalam data itu terlihat data kerusakan yang tersebar baik di utara maupun selatan Sukabumi. Daerah yang paling banyak tercatat kerusakannya adalah Kecamatan Cidahu yang melaporkan sebanyak 47 unit rumah rusak. Rinciannya sebanyak delapan rumah rusak berat, 17 unit rusak sedang, dan 22 unit rusak ringan.

Selain itu Kecamatan Cikidang yang dilaporkan ada sebanyak 45 unit rumah mengalami kerusakan. Rinciannya sebanyak 3 unit rusak berat, 11 unit rusak sedang, dan 31 unit rusak ringan. Wilayah lainnya yang tinggi data kerusakannya adalah Kecamatan Cicurug sebanyak 20 unit rumah mengalami kerusakan.

Selain merusak rumah warga ungkap Maman, dilaporkan juga sarana umum lainnya mengalami kerusakan. Misalnya sarana kesehatan bangunan RSUD Sekarwangi Kecamatan Cibadak dan klinik umum Bebita di Kecamatan Cicurug yang mengalami rusak ringan. Selain itu bangunan sekolah SDN Bojongsari di Kecamatan Kalibunder yang mengalami kerusakan sedang. Bangunan lainnya yang rusak adalah majelis taklim di Kecamatan Cidahu dan satu unit masjid di Kecamatan Cicurug.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement