Selasa 23 Jan 2018 16:56 WIB

Gempa, Karyawan Pabrik di Sukabumi Dievakuasi ke Titik Aman

Proses evakuasi pekerja dan pengunjung PT Otsuka berjalan lancar.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Endro Yuwanto
Peta gempa bumi 6,4 SR yang mengguncang Provinsi Banten, Selasa (23/1).
Foto: dok. BMKG
Peta gempa bumi 6,4 SR yang mengguncang Provinsi Banten, Selasa (23/1).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Peristiwa gempa bumi yang berpusat di Lebak Banten juga dirasakan oleh para karyawan dan pengunjung pabrik air minum dalam kemasan (AMDK) di Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. Ratusan karyawan dan pengunjung di perusahaan dipandu oleh tim khusus ke lokasi aman yang telah disiapkan perusahaan.

Salah satu perusahaan tersebut, yakni PT Otsuka yang berlokasi di Kecamatan Cicurug. Perusahaan yang memproduksi minuman Pocari Sweat ini telah menerapkan standar keamanan khusus ketika terjadi bencana, misalnya gempa bumi pada Selasa (23/1) siang.

"Pada saat gempa terjadi tadi para karyawan dan pengunjung langsung dipandu tim khusus ke jalur evakuasi dan ditempatkan di titik aman," ujar Nanang Sugiantoro, Engineering Manager PT Otsuka kepada Republika.co.id.

Nanang menerangkan, pada saat gempa terjadi ada sekitar 100 orang lebih pengunjung yang berasal dari sebuah SMK di Jakarta. Nanang menerangkan, proses evakuasi pekerja dan pengunjung PT Otsuka berjalan dengan lancar dan tidak ada kepanikan. Meskipun, lanjut dia, para pekerja dan pengunjung merasakan getaran gempa yang cukup besar.

Menurut Nanang, lancarnya proses evakuasi karena sudah petugas sudah terbiasa menghadapi potensi bencana. Terakhir, terang dia, sekitar sebulan yang lalu digelar simulasi tanggap darurat menghadapi bencana terutama gempa dan kebakaran yang digelar perusahaan dengan menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI).

Sehingga, lanjut Nanang, ketika terjadi gempa maka pekerja dan tim khusus tidak panik dan melakukan upaya evakuasi. Pihaknya juga memantau dampak gempa pada bangunan fisik pabrik dan hasilnya masih terkendali.

Assistant Manager Corporate Communication PT Otsuka Agus Budhi Triono mengatakan, perusahaan telah menetapkan standar keamanan ketika terjadi bencana. "Khusus untuk pengunjung misalnya akan diberikan informasi mengenai standar keamanan di pabrik ketika berkunjung."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement