Jumat 05 Jan 2018 14:23 WIB

Kondisi Jembatan Pabuaran di Bandung Barat Makin Parah

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Dwi Murdaningsih
Jembatan Rusak. Ilustrasi
Foto: pixabay
Jembatan Rusak. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, NGAMPRAH -- Sejak terputus dan terancam roboh pada 2016 lalu, jembatan Pabuaran di Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat kondisinya semakin memprihatinkan. Sejak diterjang banjir bandang lalu tidak ada perbaikan yang dilakukan pemerintah untuk membenahi jembatan yang menghubungkan Desa Rancapanggung dengan Desa Nangerang.

Sisa-sisa bangunan jembatan yang masih ada setelah dihantam banjir bandang kini berada dalam posisi miring ke kanan. Bagian yang terputus hanya disambung dengan bambu seadanya. Jika dulu jembatan bisa diakses kendaraan roda empat kini hanya bisa dilalui pejalan kaki dan roda dua.

Jembatan yang ditambal dengan bambu dilakukan masyarakat sekitar. Jalur tersebut adalah jalan yang sering digunakan siswa-siswa yang hendak sekolah dan warga yang beraktivitas karena aksesnya lebih dekat.

Jembatan tersebut memiliki panjang 50 meter dengan lebar 4 meter. Meski mengancam keselamatan namun para pejalan kaki dan pengendara tetap melewati jalur tersebut.

Salah seoramg siswa, Rida mengaku sering khawatir dan was was jika melintas di jembatan Pabuaran. Sebab dikhawatirkan sewaktu waktu bisa roboh. Katanya, ia terpaksa melewati jembatan tersebut karena paling dekat menuju lokasi yang dituju.

"Saya khawatir kalau lewat jembatan ini, takut roboh. Kesini karena aksesnya lebih dekat," ujarnya, Jumat (5/1). Katanya, ia berharap agar pemerintah segera memperbaiki jembatan tersebut. Sebab merupakan jalur yang paling dekat menuju sekolah atau tempat lainnya.

Sementara itu, salah seorang warga, Erna berharap agar pemerintah segera memperbaiki jembatan tersebut. Sebab, keberadaannya yang sering dilintasi warga mengancam keselamatan warga. Terlebih jembatan tersebut merupakan akses terdekat menuju pusat pusat kegiatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement