Sabtu 30 Dec 2017 18:35 WIB

Kakorlantas Sarankan Warga Jalan Kaki Saat Malam Tahun Baru

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Esthi Maharani
Kepala Korps Lalu Lintas Polri Inspektur Jenderal Royke Lumowa
Foto: Republika/Arif Satrio Nugroho
Kepala Korps Lalu Lintas Polri Inspektur Jenderal Royke Lumowa

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Inspektur Jenderal Royke Lumowa, mengimbau warga untuk tidak menggunakan kendaraan bermotor saat perayaan Tahun Baru. Ia justru menyarankan warga berjalan kaki untuk menghindari kepadatan kendaraan. Apalagi, car free night juga telah diberlakukan di berbagai kota di Indonesia.

"Saran saya, mendingan semua mengalah tidak menggunakan kendaraan bermotor. Jalan kaki saja," ujar Royke saat memantau arus lalu lintas puncak di Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (30/12).

Ia mengatakan, pada malam tahun baru jalur pengalihan kendaraan bermotor tidak terlalu jauh sehingga tak benar-benar berpengaruh pada padatnya lalu lintas. "Toh pengalihannya tidak panjang. Contoh Asian-Afrika (Bandung) kan tidak panjang. Daripada menghabiskan waktu di tengah kemacetan, jalan kaki saja," jelas Royke.

Royke menjelaskan, pengalihan kendaraan bermotor akan dilaksanakan di kawasan Puncak, Jawa Barat. Masyarakat bisa melewati Jonggol, Bogor untuk masuk ke kawasan Puncak.Sementara di Jakarta, pengalihan akan dilakukan di Jalan Sudirman hingga Thamrin. Masyarakat bisa melewati Kuningan atau Tanah Abang sebagai jalur alternatif. Di Kota Surabaya, Jawa Timur, pengalihan kendaraan mulai dari Wonokromo hingga Tunjungan Plaza.

Saat car free night, kendaraan bermotor tidak boleh melintas di mulai dari pukul 18.00 tanggal 31 Desember 2017 sampai pukul 06.00 tanggal 1 Januari 2018.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement