Jumat 22 Dec 2017 11:19 WIB

Hotel-Hotel Bali Siap Sambut Wisatawan Jelang Nataru

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah
 Wisatawan mancanegara beraktifitas di salah satu hotel berbintang di kawasan Nusa Dua,Bali, Jumat (25/8).
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Wisatawan mancanegara beraktifitas di salah satu hotel berbintang di kawasan Nusa Dua,Bali, Jumat (25/8).

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Erupsi Gunung Agung tak menghalangi usaha pelaku pariwisata Bali untuk menarik lebih banyak wisatawan ke Pulau Dewata.

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Denpasar memiliki cara lain untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke ibu kota Provinsi Bali tersebut.

Hotel-hotel yang tergabung dalam PHRI Kota Denpasar bersepakat memberikan gratis satu malam menginap bagi tamu yang sekiranya terjebak tidak bisa pulang karena peningkatan aktivitas vulkanis Gunung Agung. Ketua Badan Pengurus Cabang (BPC) PHRI Kota Denpasar, Ida Bagus Gde Sidharta Putra telah menandatangani nota kesepahaman bersama Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar.

"Sebanyak 31 anggota kami berkomitmen memberi pelayanan maksimal pada wisatawan dengan menginap gratis satu malam jika wisatawan batal terbang akibat erupsi Gunung Agung," katanya, Jumat (22/12).

PHRI Kota Denpasar juga menyediakan bus gratis untuk tamu yang ingin mengakses bandara terdekat, seperti Bandara Juanda Surabaya dan Bandara Internasional Lombok. Pengalokasian dana untuk bus gratis ini berasal dari hibah Badan Promosi Pariwisata Denpasar (BPPD) yang besarannya mencapai Rp 300 juta.

Tingkat penghunian kamar (TPK) hotel berbintang di Denpasar menurun dari 79,21 persen per Agustus 2017 menjadi 67,49 persen per September, 66,06 persen per Oktober.

Angkanya diproyeksikan turun per November atau saat Gunung Agung mulai erupsi, dan harapannya meningkat kembali hingga akhir Desember tahun ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement