Kamis 14 Dec 2017 14:01 WIB

Taufik: Semangat dan Keberanian AM Fatwa akan Terus Hidup

Wakil Ketua DPR, Taufik Kurniawan.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Wakil Ketua DPR, Taufik Kurniawan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia kehilangan seorang tokoh yang berani membela kepentingan umat Islam, AM Fatwa. Keberanian seorang AM Fatwa akan menjadi jejak sejarah yang akan terus dikenang bangsa ini.

Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan mengatakan bangsa Indonesia, khususnya umat Islam kehilangan tokoh yang sangat berani dalam memperjuangkan kepentingan umat Islam. "Saya secara pribadi merasa kehilangan dengan wafatnya Pak AM Fatwa. Semoga almarhum mendapatkan tempat mulia di sisi Allah," kata Taufik, Kamis (14/ 12).

Dikatakannya, AM Fatwa yang juga pernah berkiprah di PAN adalah figur yang pemberani. "Sejarah mencatat bagaimana keberanian Pak Fatwa dalam melawan sejumlah kebijakan orde baru, yang dianggapnya bertentangan dengan kepentingan umat," jelas Taufik.

Pada masa reformasi, kata Taufik, sosok AM Fatwa juga berjuang bersama Amien Rais dan mahasiswa. AM Fatwa juga bersama-sama Amien Rais dalam membangun PAN. "Secara pribadi saya hormat dan respek terhadap kegigihan dan konsistensi Pak Fatwa," kata dia.

Taufik menambahkan, saat terjun ke politik dan memilih PAN sebagai partainya, Am Fatwa tetap menjadi figur yang kritis. "Semangat kritis dan keberanian Pak Fatwa tidak surut," ungkap Taufik.

Wafatnya AM Fatwa, menurut Taufik, menjadi kehilangan besar bagi bangsa Indonesia. Namun, lanjut Taufik, semangat dan keberanian AM Fatwa harus terus menjadi inspirasi bagi semua elemen masyarakat.

"Tidak terkecuali bagi kader-kader dan keluarga besar PAN. Semangat dan keberanian Pak Fatwa semoga akan bisa kita lanjutkan," ungkap Taufik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement