Jumat 01 Dec 2017 16:46 WIB

Dishub Surabaya Siapkan 5 Bus Tambahan ke Bali

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Israr Itah
Bus di terminal Surabaya
Foto: dishub-diy.net
Bus di terminal Surabaya

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya Irvan Wahyu Drajat mengungkapkan, pihaknya menyiapkan sekitar lima bus tambahan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang ke Kota Denpasar, Bali. Kelima bus tersebut disiagakan di Terminal Purabaya, atau biasa dikenal dengan nama Terminal Bungur Asih.

"Pasalnya, sejak Bandar Udara Internasional Ngurah Rai di tutup, banyak wisatawan yang mengalihkan perjalanannya menggunakan moda transportasi darat," kata Irvan di Surabaya, Jumat (1/12).

Irvan melanjutkan, tidak hanya menmbah armada bus, Dishub Kota Surabaya juga menyiapkan petugas yang bisa berbahasa Inggris di Terminal Purabaya. Itu tak lain karena adanya sejumlah turis yang mengalihkan perjalanan wisatanya menuju Surabaya, sebelum akhirnya menuju Bali melalui jalur darat.

"Makanya kami siapkan armada yang cukup dan petugas yang bisa bahasa Inggris, ujar Irvan.

Berdasarkan data yang diperoleh Republika.co.id dari Unit Pelaksana Teknis Daerah Terminal Purabaya, terjadi kenaikan penumpang yang menggunakan bus menuju Denpasar. Peningkatan penumpang itu didasari sempat terganggunya penerbangan ke Denpasar akibat erupsi Gunung Agung.

Peningkatan penumpang yang signifikan terjadi pada Kamis (30/11). Jumlah penumpang yang menggunakan bus menuju Pulau Dewata dari Terminal Purbaya mencapai 1.144 orang. Padahal, biasanya penumpang bus dari Terminal Purbaya menuju Pulau Bali hanya sekitar 700-an orang.

Artinya, terjadi peningkatan sekitar 60 persen. Peningakatan tersebut terjadi tidak saja karena erupsinya Gunung Agung, tapi juga karen menjelang libur yang cukup panjang. "Kemarin itu memang banyak banget penumpangnya. Lebaran aja masih kalah. Lebaran gak sebanyak kemarin," kata salah seorang calo yang biasa mengarahkan penumpang menuju bus jurusan Denpasar, Supri di Terminal Purbaya, Jumat (1/12).

Terjadinya lonjakan tersebut, membuat armada bus dari Terminal Purbaya menuju Denpasar, Bali ditambah. Jika hari biasa, rata-rata bus yang mengangkut penumpang dari terminal Purbaya menuju Bali hanya 17 armada, pada hari tersebut, jumlah armada yang diberangkatkan sebanyak 25 bus.

Tak hanya itu, jam keberangkatan bus pun ditambah. Jika pada hari biasa keberangkatan terakhir bus dari Terminal Purbaya menuju Bali pada pukul 18:00 WIB, pada hari tersebut keberangkatan terakhir menjadi pukul 22:00 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement