Advertisement

Kodim 0905/Balikpapan Gelar Wisata Matematika Bela Negara

Jumat 20 Oct 2017 08:16 WIB

Red: Mohamad Amin Madani

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN -- Hari Rabu pagi (18/10) merupakan momen istimewa bagi jajaran Kodim 0905/Balikpapan. Tampak 60 pelajar datang  menyambangi markas TNI yang beralamat di Jalan Jenderal Sudirman, No.15, Telaga Sari, Balikpapan Kota. Kehadiran pelajar dari SMAIT Al Aulia Balikpapan ini hendak mengikuti “Wisata Matematika Bela Negara (WMBN)”.

Usai kegiatan, Komandan Kodim 0905/Balikpapan, Kolonel Inf Hendri Wijaya mengatakan, “Sudah saatnya generasi muda menginterpretasikan lebih luas makna wawasan kebangsaan, cinta tanah air dan cinta terhadap satuan TNI guna mempertahankan kedaulatan NKRI,” ujarnya.

Menurutnya, pada jenjang ini merupakan prospek yang tepat, untuk mengokohkan kembali jiwa nasionalisme para pelajar sehingga pada akhirnya dapat menjadi bekal untuk mengarungi dinamika kehidupan di masa mendatang.

 

Saat dikonfirmasi terkait manfaat kegiatan ini, perwira menengah itu pun mengaku senang dan bersyukur. Pasalnya, setelah disosialisasikan beberapa waktu lalu oleh STERAD Mabes AD dan Raden Ridwan HS,  program ini telah menjadi daya pikat bagi para pelajar untuk memperkaya wawasan kebangsaan mereka. Semoga dengan upaya ini, kita berharap dapat bermanfaat untuk generasi muda, kata Hendri Wijaya dalam keterangannya.

Kemudian, menyoroti besarnya manfaat yang terkandung dari wisata ini membuat Eko Fuldan selaku guru pendamping merasa bersyukur dan bangga atas dedikasi yang dilakukan oleh anggota TNI. Pak Eko berujar, “Bukan hanya sambutan saja yang luar biasa, tetapi dari permainan ini dapat menghasilkan generasi yang luar biasa,” pungkasnya.

Acara WMBN dihelat sejak pukul 09.00-12.30 WITA ini. Para peserta dengan penuh semangat menggali wawasan seputar TNI, seperti: fungsi dan tugas dinas jaga, pengenalan senjata, dinamika kelompok, pengenalan senjata sampai disuguhkan cara menanamkan bela negara lewat cara berpikir supra rasional.

 

Selain itu, tanggapan seluruh peserta sangat antusias pasca mengikuti program ini, di antara puluhan siswa yang hadir, Salma Nur Azizah dan Nurhidayat turut menyambut senang dan bersyukur atas apa yang telah diajarkan oleh anggota TNI. Terlebih, pelajar kelas sepuluh ini menaruh harapan besar agar kedepannya  acara positif seperti ini dapat berjalan secara rutin dan berkesinambungan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES