Senin 21 Aug 2017 14:33 WIB

Desa Ini Terpilih Menjadi Desa Inovasi Terbaik Nasional

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Qommarria Rostanti
Bupati Lombok Barat, Fauzan Khalid
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Bupati Lombok Barat, Fauzan Khalid

REPUBLIKA.CO.ID, LOMBOK BARAT -- Pemerintah Kabupaten Lombok Barat mendapat kado istimewa pada peringatan kemerdekaan Republik Indonesia. Apa itu? 

Desa Lingsar yang berada di Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) berhasil keluar sebagai juara pertama lomba Desa Tingkat Nasional Regional IV. Bupati Lombok Barat, Fauzan Khalid,  mengaku bangga dengan capaian luar biasa Desa Lingsar. Menurutnya, capaian ini menunjukan Desa Lingsar sebagai bagian dari unsur masyarakat Kabupaten Lombok Barat yang dapat memberikan kebanggaan dan kehormatan.

"Kita semua berharap, Desa Lingsar sebagai contoh dan motivasi bagi desa lain dan tentunya bagi kita semua. Kita tidak bisa melakukan apa-apa tanpa dukungan, kebersamaan, keikutsertaan, partisipasi dari masyarakat luas," ujar Fauzan di Lombok Barat, NTB, Senin (21/8).

Kepala Desa Lingsar, Abdul Hadi, tak kuasa menahan haru saat menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh masyarakat Desa Lingsar. Hadi mengatakan, keberhasilan bukan milik dia semata, melainkan milik seluruhnya masyarakat Desa Lingsar. "Saya yakin apa yang kita perjuangkan ini tidak akan sukses kalau tidak ada dukungan dari masyarakat semuanya," kata Hadi.

Selain dukungan dari masyarakat, kata dia, penghargaan ini tidak akan dapat diraih tanpa adanya dukungan dari bupati serta seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang sudah memberikan dukungan secara maksimal sehingga Desa Lingsar bisa berbuat lebih di kancah nasional. Desa Lingsar memiliki beberapa program unggulan dibanding desa lainnya, antara lain satu-satunya desa yang memberikan pelayanan publik dengan sistem daring yang tujuanya untuk mempermudah pelayanan administrasi kepada seluruh warga masyarakat yang ada di Desa Lingsar. Selain itu, nilai lebih dari Desa Lingsar yakni sudah mampu mengelola keuangan desa, membangun program desa, dan telah menganggarkan keuangan secara transparan sesuai kebutuhan masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement