Kamis 11 May 2017 01:24 WIB

KPK Berharap Penangkapan AL Ungkap Otak Penyerangan Novel

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Hazliansyah
Penyidik KPK Novel Baswedan tiba untuk menjalani perawatan di RS Jakarta Eye Center, Jakarta, Selasa (11/4).
Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Penyidik KPK Novel Baswedan tiba untuk menjalani perawatan di RS Jakarta Eye Center, Jakarta, Selasa (11/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah menuturkan KPK berharap penangkapan terhadap terduga pelaku penyiraman air keras ke penyidik KPK Novel Baswedan menjadi awal untuk mengungkap otak pelaku di balik penyerangan tersebut.

"Harapan kami semoga penangkapan ini menjadi awal untuk mengungkap siapa otak pelaku dari serangan terhadap penyidik KPK itu," kata dia, Rabu (10/5).

Febri menambahkan, komunikasi terkait progres penanganan kasus penyerangan tersebut memang sudah dilakukan antara KPK dengan Polda Metro Jaya.

"Penangkapan seseorang seseorang yang diduga pelaku akan kita koordinasikan lebih lanjut," tutur dia.

Pada prinsipnya, kata Febri, KPK menyampaikan terima kasih kepada tim kepolisian. Sampai hari ke-29 sesudah penyerangan terhadap Novel, tim kepolisian terus bekerja melacak pelaku penyerangan.

"Sesuai KUHAP, ada waktu penangkapan hingga kemudian ada penentuan status hukum," ujar dia.

Seperti diketahui, Satuan Tugas (Satgas) kasus penyerangan terhadap penyidik KPK Novel pada Rabu (10/5) malam ini mengamankan satu orang berinisial AL yang diduga menjadi pelaku penyiraman air keras ke Novel.

Pengungkapan tersebut berawal dari keberangkatan penyidik dari kepolisian ke Singapura pada 7 Mei lalu untuk bertemu dengan Novel.

Dari situlah, tim kepolisian mendapat keterangan dari Novel terkait adanya satu orang yang dicurigai. Hingga akhirnya, tim melakukan penyelidikan lallu penangkapan paksa terhadap AL. Saat ini, AL masih dalam pemeriksaan penyidik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement