Selasa 18 Apr 2017 16:52 WIB

Kemenperin Apresiasi Yamaha Indonesia Motor Ekspor Hingga Empat Benua

Rep: Rossi Handayani/ Red: Winda Destiana Putri
Yamaha
Foto: Motorcyclenews.com
Yamaha

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perindustrian mengapresiasi Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), atas pencapaian hingga bisa mengekspor sepeda motor ke empat benua. Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan saat seremoni peresmian ekspor global Yamaha XMax di Jakarta, Selasa (18/4).

"Melalui kesempatan ini, atas nama pemerintah untuk memberikan penghargaan atas keberhasilan ekspor yamaha XMax. Terima kasih juga atas bimbingan Pemerintah Daerah dan Kepolisian, sehingga Yamaha tetap meningkatkan produksi dengan aman, yang menjangkau empat benua," kata Putu di Jakarta, Selasa (18/4).

Ia mengungkapkan, industri otomotif khususnya sepeda motor sudah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Dengan penjualan sekitar enam juta unit per tahun, meskipun angka tersebut mengalami penurunan pada 2014 lalu.

Putu menyadari, sebagai salah satu brand besar di tanah air, Yamaha selalu melakukan inovasi terbaru. Semenjak Yamaha Indonesia Motor berdiri, Kemenperin mencatat, produksinya sudah mencapai hingga 10 ribu unit per hari.

"Tenaga kerja lebih dari 10.000, belum lagi tenaga kerja dari komponen penunjang, dan 1.600 diler di Indonesia. Industri sepeda motor Yamaha ikut menciptakan lapangan pekerjaan dan kesejahteraan," ujar Putu. Kemenperin berharap, agar nantinya Yamaha Motor terus meningkatkan investasi di Indonesia, dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat.

Adapun untuk pertama kalinya Yamaha Indonesia memproduksi XMax untuk diekspor ke Eropa. Sepeda motor yang diekspor adalah, XMax 300cc dan akan dilakukan mulai April 2017.

Saat ini Yamaha mengekspor produk seperti R25, R3, N-Max ke Eropa, Jepang, Amerika Serikat, dan Australia dan negara lainnya. Yamaha menjadi perusahaan sepeda motor Nomor satu terbesar di Indonesia, dalam hal volume ekspor.

Secara kumulatif, volume ekspor mencapai lebih dari satu juta unit sejak 1997. Pada 2016 lalu Yamaha Indonesia juga dianugerahi penghargaan, sebagai perusahaan yang mendapatkan Exportir Terbaik dalam Kantor Pelayanan Umum (KPU) Bea dan Cukai Award Tipe A Tanjung Priok.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement