Rabu 08 Mar 2017 13:30 WIB

Minta Mahasiswa Sebutkan Jenis Ikan, Kapolri Beri Hadiah Ponsel

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Bayu Hermawan
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian memberikan kuliah umum di Institut Teknologi Bandung (ITB), Rabu (8/3). Kapolri menyampaikan kuliah umum bertemakan Tantangan Kebhinekaan dalam Era Demokrasi dan Globalisasi.

Setelah lebih dari 1,5 jam menyampaikan materi, tiba sesi pertanyaan dari mahasiswa. Kapolri pun membagikan telepon seluler (ponsel) kepada lima mahasiswa yang bertanya serta menjawab pertanyaan.

 

Kuliah umum pun ditutup dengan pembagian ponsel kembali. Lima ponsel yang telah disiapkan Polri masih tersisa. Akhirnya Tito menunjuk lima mahasiswa yang hadir naik ke panggung untuk menjawab pertanyaan yang ditanyakan. Mahasiswa pertama yang berasal dari ITB ditanya nama Gubernur Jawa Barat.

 

"Pertanyaannya yang mudah. Jangan yang susah-susah. Siapa nama lengkap Gubernur Jawa Barat?," ujarnya.

Pertanyaan ini pun dengan mudah dijawab mahasiswa tersebut yakni Ahmad Heryawan yang kebetulan juga hadir di lokasi. Mahasiswa kedua ditanya nama polisi yang memegang jabatan Kapolda Jawa Barat.

Meski sempat terbata-bata dan salah akhirnya mahasiswa kedua berhasil menjawab Irjen Pol Anton Charliyan. Mahasiswa ketiga ITB juga mendapat pertanyaan mudah yakni nama Rektor ITB.

Dua mahasiswa lainnya berasal dari IPDN yang juga hadir dalam kuliah umum yang disampaikan di Aula Barat tersebut. Salah satu mahasiswa IPDN diberi pertanyaan seperti sebelumnya Presiden Joko Widodo pernah bertanya pada anak SD.

"Sebutkan lima jenis ikan!" kata Tito yang disambut gelak tawa seisi ruangan.

Mahasiswa IPDN itu pun menjawab jenis-jenis ikan. "Ikan mas, ikan koi ikan tetra, ikan nemo, ikan tongkol."

Akhirnya kelimanya mendapatkan hadiah ponsel sebagai ucapan terima kasih karena telah hadir dalam kuliah umum Kapolri.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement