Rabu 01 Feb 2017 13:53 WIB

Nama Calon Anggota KPU dan Bawaslu Diserahkan ke Presiden

Saldi Isra
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Saldi Isra

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panitia Seleksi Calon Anggota KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyerahkan 14 calon anggota KPU dan 10 calon anggota Bawaslu kepada Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka.

"Tadi sekitar pukul 11.00 WIB kami melaporkan nama-nama ke Presiden," kata Ketua Pansel KPU dan Bawaslu Saldi Isra saat konferensi pers di Kantor Presiden Jakarta, Rabu (1/2).

Saldi mengungapkan bahwa pansel telah bekerja sejak Oktober 2016 dengan membuka pendaftaran dan menjaring sekitar 600 calon yang diselksi tiga tahap dan pada akhir Januari 2017 telah menyelesaikan semua tahapan. Dia mengungkapkan dari 600 lebih pendaftar dan berhasil lolos tes administrasi menjalani seleksi tahap kedua dengan menjalani tes tertulis tentang tata kelola pemilu dan tes kesehatan menyisakan 58 calon, yakni 36 untuk KPU dan 22 orang untuk Bawaslu.

Dari 56 calon tersebut dilakukan seleksi tahap III dan menghasilkakan 14 calon anggota KPU dan 10 calon anggota Bawaslu yang sudah diserahkan Presiden. "Kami menilai sesuai ketentuan UU kita menilai secara komprehensif. Kriteria pertama idenpendensi calon, kedua integritas calon, kemampuan tentang tata kelola pemilu, keempat soal kepemimpinan dan kelima kesehatan. Inilah calon terbaik dari lima kriteria yang ditentukan oleh UU," tutur Saldi.

Calon anggota KPU yang diserahkan Presiden adalah Amus Atkana, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Ilham Saputra, Evi Novida Ginting Manik, Fery Kurnia Rizkiyansyah, Idha Budhiati, Wahyu Setiawan, Sri Budi Eko Wardani, Pramono Ubaid Tanthowi, Yessy Y Momongan, Hasyim Asy'ari, Arief Budiman, Viryan, dan Sigit Pamungkas.

"Dari 14 calon ini, empat orang di antaranya adalah perempuan," tambah Saldi.

Sedangkan 10 calon anggota Bawaslu yang diserahkan Presiden adalah Ratna Dewi Petalolo, Mohammad Najib, Abhan, Sri Wahyu Araningsih, Fritz Edward Siregar, Syafrida Rachmawati Rasahan, Mochammad Afifudin, Herwyn Jefier Hielsa Malonda, Abdullah, dan Rahmat Bagja.

"Dari 10 calon yang kami sampaikan ke Presiden, tiga orang adalah perempuan," ungkapnya.

Selanjutnya Presiden akan menyerahkan calon anggota KPU dan Bawaslu ini ke DPR untuk dilakukan uji kepatutan dan kelayakan untuk menunjuk tujuh anggota KPU dan lima anggota Bawaslu.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement