Selasa 24 Jan 2017 20:07 WIB

Aliansi Anak Bangsa Nilai Megawati Nodai Rukun Iman Kelima

Rep: Mabruroh/ Red: Bayu Hermawan
Penodaan agama  (ilustrasi)
Foto: Republika/Mardiah
Penodaan agama (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Presiden RI Megawati Soekarnoputri dilaporkan atas kasus dugaan penodaan agama di Bareskrim Polri pada Senin (23/1) kemarin. Menurut LSM Aliansi Anak Bangsa bahwa Megawati telah menodai rukun iman ke-5 agama Islam tentang hari akhir.

Humas LSM Aliansi Anak Bangsa Anti Penodana Agama, Baharuzaman menyampaikan perihal sikapnya atas pidato Mega dalam HUT PDI Perjuangan ke-44. Berikut ini dia bacakan kutipan pidato Ketua Umum PDIP pada (10/1) lalu yang dianggap menodai umat Islam.

"Di sisi lain para pemimpin yang menganut ideologi tertutup pun memosisikan diri mereka sebagai pembawa selfullfilingprophecy para peramal masa depan, mereka dengan fasih meramalkan yang akan pasti terjadi di masa yang akan mendatang termasuk dalam kehidupan setelah fana padahal kehidupan mereka sendiri pun belum tentu pernah melihatnya," ujar Baharuzaman membacakan pidato Megawati.

"Nah ini yang menjadi dasar saya melaporkan ibu Mega," katanya di Jalan KH Abdullah Syafei, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (24/1).

Menurut Baharuzzman bahwa dalam Islam yang dimaksud dunia fana adalah hari akhir, hari kemudian, lalu alam akhirat. Tentang alam akhirat ini tercantum dalam rukun iman ke lima, yakni iman kepada hari kiamat.

"Rukun iman yang kelima itu ada di dalam Alquran, itulah yang menyebabkan saya, 'loh kok Bu Mega bicaranya seperti ini' nah ini mendorong saya (melaporkan)," jelasnya.

Dalam pidato tersebut, Mega menyinggung perihal orang-orang dengan ideologi tertutup. Namun Baharuzaman membantah saat ditanyakan apakah dirinya termasuk penganut ideologi tertutup itu.

Menurutnya, bukan mempersoalkan perihal ideologi tertutup atau terbuka, akan tetapi perihal hari fana atau alam akhirat yang memang diyakini umat muslim bahwa ada setelah kehidupan ini. Bahwa kepastian hari akhir tersebut pun telah dinyatakan dalam Alquran.

"Setelah dunia fana ini kah hari akhir. Hari akhir ini kan tercantum dalam rukun iman yang kelima. Rukun iman sendiri ada di dalam Alquran yang merupakan firman Allah. Sebagai orang muslim, tentu akidah kita yang mana dinodakan ini yang membuat saya merasa disakitin," jelasnya.

Baharuzaman sendiri mengaku siap apabila Mega justru melaporkan balik. Ia menambahkan, sebagai orang yang hidup di negara hukum maka harus taat hukum dan itu bila Mega melaporkan balik maka itu adalah haknya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement