Rabu 28 Dec 2016 20:30 WIB

Pemilik Kontrakan tak Menyangka Butar-Butar Pembunuh Sadis Pulomas

Rep: Kabul Astuti/ Red: Teguh Firmansyah
Penangkapan tersangka pembunuhan di Pulomas.
Foto: dok.Istimewa
Penangkapan tersangka pembunuhan di Pulomas.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Polda Metro Jaya menangkap tiga pelaku pembunuhan sadis Pulomas yang menewaskan enam orang di Gang Kalong RT 08/02, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, pada Rabu (28/12) pukul 15.10 WIB. Dua pelaku ditangkap hidup, sedangkan satu lainnya dalam kondisi tewas.

Pemilik kontrakan, Kimley (48 tahun), mengatakan pelaku sehari-hari dikenal dengan nama Butar-Butar. Ia mengakui tidak memegang KTP penghuni kontrakan, dan hanya menyarankan para penghuni untuk melapor ke pengurus RT setempat.

"Kalau nama jelas (lengkap) saya nggak pernah nanya, cuma panggilan tetangga di sini Butar-Butar saja. Saya nggak pegang KTP, cuma saya sederhananya gini, kalau ada orang ngontrak tolong ke rumah RT saja laporan," tutur Kimley kepada Republika.co.id, Rabu (28/12).

Kimley sehari-harinya tidak tinggal di lokasi, melainkan di Kelurahan Bojongmenteng, Kecamatan Rawalumbu. Menurut penuturan Kimley, Butar-Butar sudah mengontrak hampir satu tahun. Selama ini tidak tampak ada hal yang mencurigakan dalam sosialisasinya dengan tetangga.

"Saya nggak menyangka. Sehari-harinya dia biasa-biasa saja, sopir koasi K11 Bantargebang Bekasi," ucap Kimley.

Ia tidak mengetahui identitas dua tamu Butar-Butar yang juga terlibat dalam pembunuhan sadis tersebut. Polisi mengatakan, pelaku yang ditangkap bernama Ramlan Butar-Butar dan Erwin Situmorang.

Kimley mengatakan, kontrakan tiga ruang berukuran masing-masing 2,5 meter tersebut disewa pelaku seharga Rp 400 ribu per bulan. Ada lima kontrakan yang disewakan, termasuk yang dihuni Butar-Butar. Namun, empat kontrakan lain sudah lama kosong, tinggal Butar-Butar saja.

Kimley mengatakan Butar-Butar mengontrak bersama istrinya, namun sang istri jarang kelihatan. "Sebenernya dia sama istrinya, istrinya kerja gitu katanya di Jakarta. Jakarta mana saya nggak tahu. Pulangnya kadang Minggu atau malam Minggu. Saya juga tidak tahu istrinya sudah tahu belum," imbuh Kimley.

Baca juga, Polisi Kesulitan Lihat Hasil Rekaman CCTV Rumah Pengusaha Dodi.

Menurut informasi yang diperoleh dari anggota kepolisian, Direktorat Kriminal Umum PMJ melakukan penangkapan terhadap tiga pelaku pembunuhan di rumah kontrakan milik Pak Kimley Jl. Kalong RT 08/02 Kel. Bojong Rawalumbu, Kec. Rawalumbu Kota Bekasi sekitar pukul 14.50 WIB.

Gabungan Direktorat Kriminal Umum dan Polres Jakarta Timur mendapatkan informasi tentang keberadaan pelaku Butar-Butar di wilayah Bekasi dari analisis CCTV dan keterangan pelaku bernama Philips Napitupulu yang sudah ditangkap sebelumnya.

Saat akan dilakukan penangkapan, kedua tersangka berusaha melakukan perlawanan sehingga dilakukan tindakan represif dengan melepaskan tembakan di bagian kaki. Pelaku tewas bernama Ramlan Butar-Butar di RS Polri Kramatjati, Jakarta Timur. Polisi masih melakukan pengejaran terhadap dua tersangka lainnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement