Jumat 09 Dec 2016 17:56 WIB

Jadi Destinasi Wisata Prioritas, Keamanan Pulau Seribu Ditingkatkan

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Hazliansyah
Benteng Martello yang terletak di Pulau Bidadari tak jauh dari Pulau Onrust, Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Jakarta.
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Benteng Martello yang terletak di Pulau Bidadari tak jauh dari Pulau Onrust, Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelaksana Tugas (PLT) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono akan ada antisipasi terkait keamanan di Kepulauan Seribu seiring telah ditetapkannya kepulauan tersebut sebagai satu dari 10 destinasi prioritas oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Pariwisata.

"Bukan saja kemudian konsepnya jumlah fasilitas yang kita tambah. Pasti juga sarana dan prasarana pendukung, karena sebuah destinasi wisata selain aman juga harus nyaman. Aman dan nyaman itu yang penting. Kalau amannya pasti tenaga security dengan dua pola," kata Sumarsono di Pulau Pramuka, Jumat (9/12).

Dua pola tersebut adalah pola pengamanan reguler dengan TNI dan Polri, serta tenaga pendukung dari masyarakat

"Satu adalah security pola yang sekarang existing reguler ada dengan TNI, Polri, pasti ada terutama keamanan laut. Yang kedua adalah tenaga pendukung dari komponen masyarakat. Yaitu menjadikan seluruh warga penduduk Pulau Seribu itu betul-betul menjadi wisata. Tenaga guide lokal. Mereka yang akan mengamankan kemudian menertibkan diri sendiri," ujarnya menjelaskan.

Hal tersebut merupakan bagian dari gerakan sadar wisata.

"Jadi kombinasi keserasian antara aparat formal dengan masyarakat itulah konsep untuk menyambut posisi Pulau Seribu sebagai wisata internasional," ujar Sumarsono.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement