Kamis 08 Dec 2016 08:19 WIB

TNI Kirim Satgas Kesehatan Bantu Korban Gempa Aceh

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Angga Indrawan
Tim SAR memandu korban selamat seusai dievakuasi dari reruntuhan bangunan akibat gempa di Desa Ulee Glee, Kecamatan Bandar Dua , Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, Rabu (7/12).
Foto: Antara/Ampelsa
Tim SAR memandu korban selamat seusai dievakuasi dari reruntuhan bangunan akibat gempa di Desa Ulee Glee, Kecamatan Bandar Dua , Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, Rabu (7/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- TNI mengirimkan Satuan Tugas (Satgas) Kesehatan dari Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta ke Provinsi NAD guna membantu para korban akibat gempa bumi. Mereka diberangkatkan dengan menggunakan pesawat Hercules C 130 milik TNI AU. Keberangkatan Satgas Kesehatan langsung dilepas langsung oleh Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

"Tugas Satgas Kesehatan TNI adalah membantu korban akibat gempa bumi. Ini merupakan pengabdian TNI kepada masyarakat,” kata Gatot dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Kamis (8/12).

Personel Satgas Kesehatan TNI yang diberangkatkan ke NAD berjumlah 218 personel. Mereka terdiri dari, 82 prajurit Yonkes Kostrad TNI AD, 61 prajurit Marinir TNI AL dan 31 personel Basarnas, RS Mintohardjo TNI AL mengirimkan 6 orang dokter spesialis, 1 orang dokter umum dan 35 orang Kes Marinir terdiri dari 2 dokter umum dan 33 personel kesehatan Marinir.

Gatot berharap, para prajurit TNI yang diberi kepercayaan tersebut bisa melaksanakan tugasnya dengan maksimal dan senang hati. “Kalau ada pasien-pasien yang dirawat di lapangan terbuka, setelah tenda rumah sakit lapangan Satgas Kesehatan TNI tergelar langsung bisa dioperasionalkan untuk merawat korban,” ucap Gatot.

Gempa bumi tektonik berkekuatan 6,4 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Kabubaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh, Rabu (7/12). Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi terjadi pukul 05.03 WIB dengan pusat gempa terletak pada 5,25 lintang utara dan 96,24 bujur timur, tepatnya di darat pada jarak 106 kilometer arah tenggara Kota Banda Aceh pada kedalaman 15 kilometer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement