Senin 05 Dec 2016 21:40 WIB

Pembangunan Pasar Klewer Diklaim Sudah Tahap Akhir

Rep: Andrian Saputra/ Red: Indira Rezkisari
Pasar Klewer, Solo, Jawa Tengah
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Pasar Klewer, Solo, Jawa Tengah

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- PT Adhi Karya mengklaim Pembangunan Pasar Klewer telah memasuki tahap akhir. Bahkan pembangunan pasar yang mengalami kebakaran dua tahun lalu itu diprediksi selesai tepat waktu pada akhir bulan ini.

“Sekarang kami tinggal menyelesaikan bagian atap, finishingnya, pemasangan lift, eskalator. Untuk pemasangan atap akan rampung pada 15 Desember, dan proyek secara keseluruhan akan selesai pada 27 Desember,” tutur Project Engineering PT Adhi Karya, Wahyu Purnomo usai evaluasi Pembanguanan Pasar Klewer bersama Dinas Pengelolaan Pasar di Balai Kota Solo pada Senin (5/12) siang.

Beberapa pekan lalu, Wali Kota Solo, F.X Hadi Rudyatmo meminta pembangunan dikerjakan dengan cepat. Lantaran Pemkot Solo telah menargetkan pembangunan pasar tersebut rampung akhir tahun ini. Sebab itu, jelas Wahyu, sebagai kontraktor PT Adhi Karya melakukan berbagai upaya untuk percepatan penyelesaian pembangunan pasar. Selain bekerja 24 jam tanpa henti, kontraktor juga menambah jumlah tenaga kerja sebanyak 300 orang. Dia mengklaim pembangunan pasar klewer saat ini telah mencapai 73 persen.

Diketahui pembangunan fisik pasar Klewer tahap II dibiayai oleh Pemerintah pusat melalui Kementerian Perdagangan sebesar Rp 96 miliar. Kendati demikian, sesuai hasil lelang anggaran yang digunakan hanya Rp 81 miliar. Sementara itu untuk pengadaan mechanical electonic seperti lift, eskalator berasal dari APBD Pemkot Solo sebesar Rp 16,5 miliar.

Sementara itu Humas Himpunan Pedagang Pasar Klewer, Kusbani berharap pembangunan pasar dapat segera selesai. Sebab kata dia, pedagang banyak mengeluh tempat berjualan sementara yakni alun-alun Keraton Solo dan sekitarnya. Menurutnya pendapatan pedagang di pasar darurat tersebut justru menurun drastis. Kendati demikian, melihat pembangunan pasar saat ini, Kusbani pun pesimis proyek tersebut akan selesai akhir tahun ini.  

“Ya yang penting saya dan pedagang lainya berharap sebelum puasa pedagang harus sudah bisa menempati dan berjualan lagi di pasar,” tuturnya.

Sementara itu Kepala DPP Kota Solo, Subagyo berharap agar pedagang pasar Klewer yang saat ini bejualan di sekitar alun-alun Keraton Kasunanan Solo untuk bersabar. Menurutnya persentase pembangunan pasar Klewer akan meningkat tajam jika bagian atap telah dipasang.

“Kalau atapnya sudah terpasang, bagian lainnya seperti lift, eskalator juga bisa terpasang, tapi sekarang belum dikerjakan,” tuturnya. Dia menjelaskan pasar Klewer nantinya akan dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti lima unit lift, empat eskalator , hidran, genset dan sebagainya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement