Senin 03 Oct 2016 13:06 WIB

Demo Besar-besaran, Gojek Tuntut Penghapusan Performa

Rep: c39/ Red: Andi Nur Aminah
Aksi ratusan pengemudi Gojek di Kantor Pusat PT Gojek Indonesia di Jalan Kemang Selatan, Jakarta
Foto: c39/Republika
Aksi ratusan pengemudi Gojek di Kantor Pusat PT Gojek Indonesia di Jalan Kemang Selatan, Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ratusan pengemudi Gojek melakukan unjuk rasa besar-besaran di depan kantor Gojek, Jalan Kemang Selatan, Jakarta Selatan. Mereka tampak berhamburan di tengah jalan, sehingga polisi pun menutup kawasan Jalan Kemang Selatan lantaran adanya demo tersebut.

Berdasarkan pantauan di lokasi, ratusan pengemudi gojek itu sudah mulai tumpah ruah di depan kantor Gojek sejak pukul 11.00 WIB. Mereka menuntut dihapuskannya sistem penilaian performa dari manajemen gojek "Hapus-hapus performa, hapus performa sekarang juga," teriak pengemudi gojek, Senin (3/10).

Salah satu pengemudi gojek, Aliyus (30) mengatakan dalam aplikasi goJek terdapat sistem performa untuk penilaian kepada pengemudi. Namun, kata dia, sistem penilaian performa mengurangi pendapatan para pengemudi meskipun sudah melakukan pekerjaannya secara baik.

"Performa kita turun kalau di cancel, begitu juga kalau pemesan cancel. Jadi pendapatan kita enggak ada. Yang tadinya kita dapat bonus, sekarang minus," ujar Aliyus saat berbincang di lokasi demo.

Berdasarkan hal itu, Aliyus menilai ada kecurangan dalam sistem penilaian performa. Apalagi penerapan sistem ini, kata dia, tidak pernah dikomunikasikan sebelumnya kepada para pengemudi. "Jangan kita dibebankan, kalau pelanggan cancel jangan turunlah. Kita hanya mencari solusi," ucapnya.

Kanit Lantas Polsek Mampang AKP M Samosir mengatakan, akibat demo tersebut pihaknya saat ini melakukan penutupan Jalan Kemang Selatan. Polisi pun sudah menyiapkan rekayasa arus lalu lintas kendaraan yang hendak melintas ke Kemang Selatan itu.

"Dari arah Ampera Raya, kita lurus kan ke arah Jalan Kemang Timur hingga ke Kemang Utara lanjut ke Kemang Raya hingga ke Antasari," ujarnya di lokasi, Senin (3/10/2016).

Sementara, kendaraan dari arah Antasari atau Kemang Raya dibalikan lagi ke arah Antasari melalui Jalan Kemang Selatan XII lalu diarahkan ke Jalan Benda Bawah atau TPU Jeruk Purut hingga ke Jalan Madrasah sampai ke Ampera Raya. "Jalan Kemang Selatan ini akan ditutup hingga demonya selesai nanti yah. Mohon pengguna jalan memakluminya," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement