Kamis 29 Sep 2016 13:50 WIB

Gubernur NTB Perjuangkan Rinjani Sebagai Geopark Dunia

Rep: Muhammad Nursyamsi / Red: Angga Indrawan
Menikmati matahari terbit di Gunung Rinjani dari Bukit Pergasingan, Sembalun, Lombok.    (Republika/ Wihdan Hidayat)
Foto: Republika/ Wihdan
Menikmati matahari terbit di Gunung Rinjani dari Bukit Pergasingan, Sembalun, Lombok. (Republika/ Wihdan Hidayat)

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) TGH Zainul Majdi terus berupaya agar Geopark Rinjani dapat diakui sebagai Geopark kelas dunia. Demi mendapat predikat tersebut, Zainul Majdi bahkan rela terbang ke Torquay, Inggris untuk mempresentasikan pengelolaan Geopark Rinjani dalam ajang Conference dan Expo Global Geoparks Network, di English Riviera, Torquay, Inggris pada 27-29 September.

Setibanya di Torbay, ibu kota district Torquay, pada Senin (26/9) Zainul Majdi langsung bertemu dengan para penentu di UNESCO Global Geopark. Gubernur NTB juga telah melakukan pembicaraan dengan petinggi global Geopark mengenai usulan serta peluang Geopark Rinjani menjadi Geopark dunia pascatim penilai Unesco berkunjung ke Rinjani pada Mei lalu. 

Zainul Majdi menyampaikan harapan agar rinjani bisa direkomendasikan  dalam konferensi yang akan berakhir 30 September untuk selanjutnya ditetapkan sebagai Global Geopark pada 2017 mendatang. Di hadapan para petinggi Unesco, Zainul mengungkapkan berbagai potensi yang dimiliki gunung rinjani dan sekitarnya. 

"Keindahan alam maupun bentang alam yang unik menjadi penilaian tersendiri dari Unesco," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Kamis (29/9).

Ia katakan, kesejahteraan masyarakat sekitar Geopark juga menjadi perhatian Unesco agar alam yang berusaha dipelihara tidak mengalami kerusakan. "Menilik hasil kunjungan tim penilai Mei lalu nampak para pemimpin global Geopark memiliki harapan baik terhadap Rinjani," lanjutnya. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement