Kamis 22 Sep 2016 08:25 WIB

Bersama Gerindra, PKS Rembuk Hasil Kesepakatan Empat Partai di Cikeas

Rep: Amri Amrullah/ Red: Damanhuri Zuhri
Almuzzammil Yusuf
Foto: dokpri
Almuzzammil Yusuf

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hasil pertemuan empat partai, Partai Demokrat, PPP, PKB dan PAN di kediaman Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), pada Rabu (21/9) malam ternyata ditunggu PKS dan Gerindra.

Ketua DPP PKS Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Al-Muzammil Yusuf mengatakan, PKS bersama Gerindra siap menunggu dan berdiskusi bersama terkait hasil pertemuan Rabu malam kemarin.

“Karena itu kami juga menunggu hasil pertemuan sahabat-sahabat yang rapat di Cikeas. Kami, Gerindra dan PKS, prinsipnya siap duduk bersama mendiskusikan yang terbaik untuk kepemimpinan di Jakarta,” kata Muzzammil dalam keterangan persnya, Kamis (22/9).

Al-Muzammil mengatakan di waktu yang hampir bersamaan Rabu malam, Pimpinan PKS dengan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno mengadakan pertemuan di Jalan Kertanegara, Jakarta, membahas sejumlah isu berkaitan dinamika yang terjadi dalam Pilkada DKI Jakarta 2017.

''Sebelumnya, kita sudah pernah punya keputusan untuk mengusung Sandi-Mardani. Kita ingin matangkan lagi keputusan tersebut dengan memperhatikan dinamika politik yang tengah berjalan," ujar Muzammil.

Gerindra dan PKS juga bersepakat untuk membangun komunikasi intensif dengan empat partai yang lain, yakni PD, PPP, PKB dan PAN. Muzammil sempat menampik kabar bahwa Geridra dan PKS akan ditunggu kedatangannya di Cikeas Rabu malam kemarin. Sebab baik Gerindra maupun PKS memang tidak diundang dalam pertemuan di Cikeas.

Karena, pertemuan tersebut katanya ingin menyatukan kesepakatan di antara empat partai tersebut. SBY ketika bertemu dengan Ketua Majelis Syuro PKS, Salim Segaf Aljufri, saat takziah ke kediaman almarhum Maftuh Basuni, Rabu pagi, juga menyampaikan untuk pertemuan di Cikeas belum mengundang Gerindra dan PKS. "Kami konfirmasi ke Pak Prabowo juga tidak menerima undangan. Justru kemarin kami menunggu undangan," terang Wakil Ketua Komisi II DPR RI F-PKS ini.

Muzzammil menceritakan, dalam pertemuan dengan Prabowo hadir Ketua Majelis Syuro PKS, Habib Salim Segaf Aljufri, Wakil Ketua Majelis Syuro, Hidayat Nurwahid, Presiden PKS, Sohibul Iman. Sedangkan dari Gerindra selain Prabowo hadir juga calon Gubernur, Sandiaga Uno. "Pertemuannya sangat positif dan konstruktif. Kita membahas dinamika yang terjadi dan beberapa skenario yang mungkin terjadi dalam Pilkada Jakarta," sambungnya.

Namun yang jelas, menurutnya, baik Gerindra dan PKS sepakat mengedepankan dialog dan siap menerima masukan-masukan dari pimpinan partai yang bertemu di Cikeas untuk mendapatkan kepala daerah yang berkualitas, bersih, dan santun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement