Selasa 20 Sep 2016 16:48 WIB

Ini Kriteria Cagub yang akan Diusung PPP dan Koalisi di Pilkada

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Bayu Hermawan
Anggota Komisi III DPR dari fraksi PPP, Asrul Sani.
Foto: Antara/Resno Esnir
Anggota Komisi III DPR dari fraksi PPP, Asrul Sani.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Politikus PPP, Asrul Sani mengungkapkan partainya telah sepakat membentuk koalisi dengan PPP, PKB, PAN dan Demokrat di Pilkada DKI Jakarta 2017.

Calon yang kemungkinan didukung koalisi tersebut mengkerucut ke empat nama, yakni Sandiaga Uno, Yusril, Rizal Ramli, dan Anies Baswedan.

"Koalisi akan memilih satu dari empat nama tersebut. Cagub yang dipilih harus memiliki kriteria yang dikelompokkan pada 3 kelompok besar," katanya di Gedung DPR, Selasa (20/9).

Tiga kriteria yang dimaksud Asrul adalah pertama Cagub dan Cawagub tersebut harus memiliki integritas. Integritas tersebut mencakup rekam jejak bakal calon ke belakang.

"Pernah terlibat dalam perkara atau tidak, pernah terlibat dalam isu-isu sosial apa tidak. Misal soal selingkuh dan sebagainya. Secara kepribadian seperti apa?," jelasnya.

Kedua, calon tersebut harus memiliki kapasitas dan kapabilitas. "Pengalamannya, latar belakang pendidikannya pas atau tidak? Kemudian secara umum kemampuan kepemimpinannya, meskipun tidak di bidang birokrasi pemerintahan," katanya.

Terakhir kriteria yang dibutuhkan koalisi tersebut adalah potensi dukungan finansial. Apalagi karena dalam Pilkada itu pemilihannya secara langsung, tentu diperlukan biaya.

"Nah calon ini kan juga harus punya kemampuan untuk fundraising. Tentu yang sesuai dengan ketentuan UU Pilkada," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement