Selasa 23 Aug 2016 14:45 WIB

Kebakaran Hutan di Gunung Sipiso-Piso Berhasil Dipadamkan

Rep: Issha Harruma/ Red: Andi Nur Aminah
Salah seorang prajurit Kostrad memadamkan kebakaran hutan
Salah seorang prajurit Kostrad memadamkan kebakaran hutan

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Kebakaran yang melanda lahan hutan di kawasan Gunung Sipiso-piso, Kecamatan Merek, Karo, Sumatra Utara, Ahad (21/8) lalu, berhasil dipadamkan. Ratusan hektar lahan yang ditumbuhi ilalang di puncak gunung ini hangus terbakar.

Dandim 0205/Tanah Karo Letkol Inf Agus Tatius Sitepu mengatakan, tim gabungan TNI, Polri, Dinas Kehutanan dan masyarakat terus berupaya memadamkan api yang semakin meluas sejak Senin (22/8) pagi. Api pun akhirnya berhasil dipadamkan sore harinya.  "Sumber api berasal dari wilayah hutan Simalungun yang merambat ke Tanah Karo," kata Agus, Selasa (23/8).

Agus mengatakan, tim gabungan sempat kewalahan memadamkan api. Medan yang terjal membuat tim gabungan sulit untuk menembus sumber api. "Belum lagi angin yang kencang menjadi salah satu penyebab petugas kesulitan memadamkan api," ujar dia.

Untuk mengantisipasi kembali berulangnya kebakaran ini, sejumlah langkah antisipasi telah dilakukan. Salah satunya dengan menempatkan personel untuk berjaga di pos yang telah disiapkan. Selain itu, Agus mengatakan, pihaknya juga akan melakukan patroli dan melakukan sosialisasi terhadap masyarakat agar tidak melakukan pembakaran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement