Rabu 27 Jul 2016 09:04 WIB

Pelantikan Menteri ESDM Baru Langsung Dilakukan Hari Ini?

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Nur Aini
Kantor Kementerian ESDM.
Foto: Ist
Kantor Kementerian ESDM.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelantikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang baru rencananya digelar hari ini. Meski begitu, kepastiannya masih menunggu pengumuman resmi dari Presiden Jokowi. Menteri ESDM Sudirman Said, Rabu (27/7) pagi ini mengumpulkan seluruh pejabat eselon 1 serta instansi terkait di kantor Kementerian ESDM.

"Tunggu saja nanti. Tunggu pelantikan saja. Hari ini," kata Sudirman, sesaat sebelum masuk ke ruang pertemuan di Kementerian ESDM, Rabu (27/7).

Sejak pukul 6.30, pejabat yang mulai hadir di antaranya adalah Direktur Jenderal (Dirjen) Ketenagalistrikan Jarman, Dirjen Minyak dan Gas Bumi (Migas) IGN Wiratmaja Puja, Dirjen EBTKE Rida Mulyana, dan pejabat setingkat lainnya. Tampak hadir pula Kepala Satuan Kerja Khusus Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Amien Sunaryadi. Pertemuan ini digelar sebelum pergantian Menteri ESDM yang kabarnya akan diumumkan hari ini.

Gubernur Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) untuk Indonesia Widhyawan Prawiraatmaja yang juga hadir menyebutkan bahwa pertemuan pagio ini hanya pertemuan rutin biasa. Ia enggan menghubungkannya dengan isu pergantian menetri di Kabinet Kerja. "Ada meeting. Rapat biasa," ujarnya singkat.

Menteri ESDM Sudirman Said baru hadir pukul 08.00 WIB lebih, dan langsung disambut oleh pejabat eselon 1 yang sudha menunggu. Saat ditanya terkait pergantian dirinya, Sudirman hanya tersenyum simpul dan meminta agar masyarakat menunggu pengumuman resmi dari Presiden Jokowi.

Kabar yang diterima, Sudirman akan digantikan oleh Arcandra Tahar, lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 1989 dan Texas A&M University di AS. Arcandra adalah insinyur mesin yang menguasai keilmuan rancang bangun fasilitas migas lepas pantai atau offshore. pelantikan Menteri ESDM rencananya akan dilakukan siang ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement