Selasa 26 Jul 2016 20:17 WIB

Polisi: Belum Ada Laporan Kartu BPJS Palsu di Bandung

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Achmad Syalaby
Seorang warga menunjukan kartu BPJS Kesehatan.
Foto: Antara/Dedhez Anggara
Seorang warga menunjukan kartu BPJS Kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kepala Kepolisian Resor Kota Besar (Kapolrestabes) Bandung Kombes Pol Winarto menegaskan belum ada laporan pemalsuan kartu Badan Penyelenggar Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan palsu di Kota Bandung. Sebelumnya beredar informasi tentang maraknya kartu BPJS palsu di Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jabar. 

Meski demikian, pihaknya akan mengantisipasi peredaran kartu ilegal itu. Winarto mengatakan telah meminta petugasnya untuk mengecek langsung ke lapangan.  Ia juga mengatakan berkoordinasi aparat kewilyahan setempat untuk melakukan pendataan. Mengecek kartu yang dimiliki warganya.

"Jadi kami juga minta kewilayahan ikut aktif mendatangi warga untuk memastikan kartu yang mereka miliki asli atau palsu," kata Kombes Pol Winarto di Stasiun Bandung, Selasa (26/7). (Baca: Ratusan Warga Jadi Korban Kartu BPJS Palsu).

Untuk itu, Winarto mengimbau masyarakat untuk segera melaporkan kepada pihak kepolisian jika menemukan adanya kartu BPJS palsu di tempat tinggal masing-masing. Jika ada laporan maka pihaknya akan langsung menindak.

"Jangan segan untuk melapor, karena ini perbuatan melanggar hukum. Warga juga harus waspada terhadap oknum-oknum yang menawarkan bantuan untuk pembuatan kartu BPJS," ujarnya.

Sebelumnya ditemukan kartu BPJS palsu di Kabupaten Bandung Barat. Akibatnya masyarakat yang ditipu tidak bisa menggunakan kartu tersebut untuk berobat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement