Jumat 08 Jul 2016 09:20 WIB

Perolehan Zakat di Jawa Barat Naik 22 Persen

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Angga Indrawan
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. (Republika/Edi Yusuf)
Foto: Republika/Edi Yusuf
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. (Republika/Edi Yusuf)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Perolehan zakat, infak dan sedekah selama bulan Ramadhan tahun ini di Jabar meningkat sebesar 22 persen bila dibanding tahun sebelumnya. Berdasarkan data dari Baznas seluruh Kabupaten/ Kota se-Jabar dan Kanwil Kemeterian Agama Jabar,  total perolehan zakat sebesar Rp.253.934.891.430.

Dengan rincian, zakat fitrah yang telah dikonversi dengan uang sebesar Rp 214.636.556.720, zakat mal sebesar Rp.26.297.618.326 dan infak serta sedekah sebesar Rp. 13.716.393.000. Sementara, total zakat di 2015 nilainya Rp. 175.961.734.724.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, mengatakan, perolehan zakat ini tidak menggambarkan seluruhnya, melainkan hanya yang terlaporkan melalui Baznas saja. Menurutnya, banyak masyarakat yang memberikan zakatnya sendiri seperti ke Masjid-Masjid yang membuka kotak zakat dan telah disalurkan ke daearahnya masing-masing.

Heryawan berharap, ke depan lembaga-lembaga zakat hadir di berbagai tempat. Ini agar masyarakat memberikan zakatnya ke lembaga tersebut sehingga termonitor dan tersalurkan dengan baik.

“Ke depan kami berharap mudah-mudahanlembaga-lembaga zakat ada di berbagai tempat sehingga nanti akan termonitor dengan baik berapa penghasilan zakat yang ada," ujar Heryawan.

Aher mengatakan, penelitian menyebutkan lembaga-lembaga sosial yang paling aman adalah lembaga zakat. Ia berharap, potensi zakat yang ada di Jabar bisa terus dioptimalkan. Aher bersama Wakil Gubernur Deddy Mizwar, Sekretaris Daerah dan Jajaran FKPD Provinsi Jawa Barat melaksanakan Shalat Ied di lapangan Gasibu Kota Bandung, Rabu (6/7).

Bahkan, Aher menjadi khatib saat shalat Ied tersebut. Menurut Aher, kepada seluruh masyarakat Jawa Barat, atas nama pribadi dan Pemerintah Ia mengucapkan selamat Idul Fitri mohon maaf lahir dan batin. Aher berharap, semua amal ibadah di bulan suci Ramadhan dapat diterima oleh Allah SWT dan membentuk pribadi masyarakat Jawa Barat yang bertakwa. Semua muslim, kata dia, baru saja memasuki bulan Syawal dan meninggalkan satu bulan yang dihiasi oleh banyak hikmah dan keberkahan. Ia berharap semua amal ibadah di bulan suci ramadhan diterima oleh Allah SWT.

"Semoga, semua doa-doa yang kita panjatkan untuk keluarga untuk bangsa diaminkan oleh Malaikat dan dikabulkan oleh Allah SWT,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement