Sabtu 25 Jun 2016 21:38 WIB

Habibie Sumber Inspirasi Anak Muda

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Agung Sasongko
Milad BJ Habibie ke-80. (dari kiri) Putera BJ Habibie, Ilham Habibie, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Presiden Ri ke-3 BJ Habibie, dan Presiden Joko Widodo saat prosesi pemotongan tumpeng dalam Milad BJ Habibie ke-80 di Jakarta, Sabtu (25/6)
Foto: Republika/ Wihdan
Milad BJ Habibie ke-80. (dari kiri) Putera BJ Habibie, Ilham Habibie, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Presiden Ri ke-3 BJ Habibie, dan Presiden Joko Widodo saat prosesi pemotongan tumpeng dalam Milad BJ Habibie ke-80 di Jakarta, Sabtu (25/6)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Jimly Asshiddiqie, menyatakan, sosok Bacharudin Jusuf (BJ) Habibie merupakan sumber inspirasi bagi generasi-generasi muda. Hal ini diungkapkan Jimly usai menghadiri acara syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) ke-80 BJ Habibie, yang digelar di kediaman BJ Habibie, Jalan Patra Kuningan XIII, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (25/6).

Secara khusus, Jimly pun berharap, BJ Habibie terus dalam kondisi sehat wal afiat dan panjang umur. Selain itu, BJ Habibie diharapkan bisa terus memberikan inspirasi ke bangsa Indonesia.

''Kita seharusnya bergembira punya sosok seperti Habibie, semoga beliau terus panjang umur dan selalu menebar manfaat bagi generasi muda, dan bagi bangsa dan negara secara keseluruhan,'' ujar Jimly kepada Republika.co.id, Sabtu (26/6).

Tidak hanya itu, Jimly menilai, sosok BJ Habibie merupakan sumber inspirasi bagi banyak anak muda Indonesia. Inspirasi ini tidak ditunjukan melalui politik praktis, tapi ditunjukan Habibie melalui medium kesenian, terutama seni film dan penuturan kisah keteladanan melalui buku-buku. 

Jimly menambahkan, dengan langkah ini, para generasi muda dapat belajar dari sosok BJ Habibie. Selain itu, hal ini dapat membuat BJ Habibie seolah akrab dan tidak memiliki jarak dengan generasi-generasi muda.

''Beliau adalah sumber inspirasi di kalangan generasi muda. Beliau menjadi akrab dengan generasi muda, yang biasanya dekat dengan film. Ini sangat bagus sekali,'' ujar Jimly, yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Kehormatan Pemilu (DKPP) tersebut.

Lebih lanjut, Jimly menilai, generasi-generasi muda saat ini sudah merasa dekat dengan BJ Habibie. Padahal, belum tentu generasi-generasi muda saat ini dapat dengan gampang didekati atau disentuh 'perasaan'. ''Jadi generasi muda, yang akan mengisi tampuk kepemimpinan pada 50 tahun mendatang, sudah akrab dengan nilai-nilai keteladanan beliau,'' tuturnya.

Jimly pun menyebut, sangat jarang pemimpin di dunia ini, yang kisah hidupnya bisa dituangkan dalam bentuk film dan buku. Terlebih, pengerjaan buku dan film ini sebagian besar dilakukan oleh anak-anak muda. Sebelum menggelar acara syukuran HUT ke-80 di kediamannya, BJ Habibie memang sempat menghadiri pemutaran perdana film 'Rudy Habibie', yang bercerita soal masa muda BJ Habibie saat menimba ilmu di Jerman.

Jimly menjadi salah satu tamu undangan dalam acara syukuran HUT ke-80 Habibie tersebut. Selain Jimly, acara syukuran tersebut juga dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo, dan Wakil Presiden, Jusuf Kalla. 

Selain itu acara tersebut juga dihadiri sejumlah tokoh nasional, antara lain Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah, Ketua Dewan Pembina Partai Golkar, Aburizal Bakrie, politikus Partai Golkar, Priyo Budi Santoso, sejumlah mantan menteri, seperti Emil Salim dan Akbar Tandjung. 

Pun dengan kehadiran sejumlah Duta Besar negara-negara sahabat dan sejumlah artis pendukung film Habibie dan Ainun dan Rudy Habibie.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement