Senin 25 Jun 2018 19:34 WIB

Milad ke-82 Tahun, Sejumlah Ulama Doakan Habibie Sehat

Sosok Habibie juga mampu menularkan semangat bermimpi kepada generasi muda.

Rep: Novita Intan/ Red: Maman Sudiaman
BJ Habibie
Foto: REPUBLIKA
BJ Habibie

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden RI Ketiga Bacharuddin Jusuf Habibie tengah merayakan ulang tahunnya. Tepat 25 Juni ini mantan Menteri Riset dan Teknologi ini genap berusia 82 tahun.

Ucapan selamat milad pun disampaikan sejumlah ulama di Tanah Air. Kebanyakan ucapan berupa doa agar Wakil Presiden pada Kabinet Pembangunan VII Pemerintahan Soeharto itu terus sehat.

Wakil Ketua Majelis Tabligh PP Muhammadiyah, Fahmi Salim misalnya menyebut sosok BJ Habibie merupakan ilmuwan teknokrat.

“Eyang Habibi bagi saya pribadi adalah tokoh legendaris,” ujarnya kepada Republika, Senin (25/6).

Menurutnya, sosok Habibie mampu mengawali proses transisi reformasi politik di Indonesia. Sekaligus bisa memperbaiki ekonomi Indonesia yang sempat terpuruk pascakrisis moneter tahun 1997 silam dengan gemilang.

Ia pun mendoakan agar BJ Habibie diberikan kesehatan, taufiq dan hidayah dari Allah di sisa umurnya. “Semoga kita generasi penerusnya dapat meneladani sosok besar sekaliber Habibie,” ucapnya.

Ucapan selamat ulang tahun juga diungkapkan Ustaz Yusuf Mansur. Menurutnya, Habibie merupakan tokoh besar internasional bahkan dunia. “Bukan hanya Indonesia. Semoga lahir Habibie baru yang lebih banyak dan lebih hebat di Indonesia untuk Indonesia dan dunia,” ucapnya.

Sementara Wasekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Muh Zaitun Rasmin menambahkan banyak pelajaran berharga dari tokoh yang melahirkan pesawat terbang seperti N-250. Bahkan pada usia ini Habibie tidak pernah berhenti berfikir dan berusaha untuk kemaslahatan bangsa dan negara.

“Semoga pak Habibie tergolong sebagai manusia terbaik yang usianya panjang dan amalnya baik (Hadist Shohih),” ungkapnya.

“Kita bersyukur dan berbangga mempunyai tokoh Pak Habibie yang selain sangat pintar juga sebagai negarawan handal,” ucapnya.

Pimpinan Pesantren Erick Yusuf menambahkan orang Indonesia bangga mempunyai seorang anak bangsa bernama habibie. “Terkagum kagum kita akan kecerdasan IQ beliau yang konon melebihi Einstein, juga kepiawaiannya membuat pesawat terbang,” ungkapnya.

Menurutnya, sosok Habibie juga mampu menularkan semangat bermimpi kepada generasi muda. Sehingga mereka memiliki pemikiran maju dengan konsep Iptek dan Imtaqnya.

“Dan semangat nya itu loh, dahsyat! Bahkan sampai sekarangpun, terakhir dengan beliau dalam ‘project R 80’ patungan pesawat nasional, dengan berapi-api Eyang Habibie menebar semangat kepada kami yang masih muda untuk jangan lelah mengejar mimpi,” ucapnya.

“Selamat milad eyang, semoga sepanjang tahun selalu dalam kebaikan. Yaa Rabb sehatkanlah selalu beliau, panjangkan umurnya, dan maafkanlah kebodohan kami semua yang belum bisa memaksimalkan kebermanfaatan yang Kau titipkan lewat beliau. Indonesia masih perlu Eyang Habibie, semoga lahir penerusnya dan Habibie masa depan,” ungkap Pembina MES DKI ini.


Di mata Ustaz Boby Herwibowo, Habibie adalah inspirasi tak hanya untuk Indonesia tapi juga dunia internasional. Dengan kerja keras dan daya pikirnya adalah kebanggaan dan aset Indonesia. Di tangannya banyak sekali UU yang bermanfaat buat Indonesia dan umat Islam, salah satunya UU Zakat. Banyak sekali amal solehnya. 

Menurut penemu Metode Menghafal Alquran Semudah Tersenyum ini, inspirasi hidup BJ Habibie telah banyak dibukukan bahkan filmnya juga yang amat digemari masyarakat Indonesia. Indonesia membutuhkan pemimpin yang kerja keras, teladan bagi masyarakatnya yang membawa nama harum bangsa Indonesia. Saya termasuk generasi yang amat bersyukur yang melihat seorang tokoh Prof Dr Ing BJ Habibie. "Semoga sehat selalu Pak Habibie, semoga inspirasinya senantiasa menjadi semangat bagi generasi selanjutnya," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement