Sabtu 25 Jun 2016 19:02 WIB
Milad Habibie

Rudy Habibie, Perjalanan Hidup Anak Daerah Membangun Bangsa

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Ilham
Foto BJ.Habibie sewaktu kecil
Foto: dok. Istimewa
Foto BJ.Habibie sewaktu kecil

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film Rudy Habibie (Habibie Ainun 2) menguak kisah kehidupan Presiden ketiga Bacharuddin Jusuf Habibie yang tidak banyak diketahui masyarakat sebelumnya. Rudy Habibie lahir di Parepare, Sulawesi Selatan, pada 25 Juni 1936, dari pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie (Doni Damara) dan R.A Tuti Marini Puspowardojo (Dian Nitami).

Habibie kecil yang diperankan oleh Bastian Bintang Simbolon menghabiskan masa kecil di kota Parepare dengan penuh kesederhanaan. Namun di usia hampir 14 tahun ia harus kehilangan ayahnya tercinta untuk selamanya.

Setelah lulus dari Universitas Indonesia Bandung (sekarang Institute Teknologi Bandung), Rudy Habibie (Reza Rahardian) meneruskan studi teknik penerbangan di Rhenisch Wesfalische Tehnisce Hoscule (RWTH), Aachen, Jerman Barat.

Di Jerman, Habibie bertemu dengan sahabat-sahabatnya sesama warga negara Indonesia, Liem Keng Kie (Ernest Prakasa), Poltak Hasibuan (Boris Bokir), Peter (Panji Pragiwaksono), dan Ayu (Indah Permatasari). Namun, yang paling mengesankan adalah pertemuan dengan Ilona Ianovska (Chelsea Islan), gadis keturunan Polandia-Jerman yang lalu menjadi kekasihnya.

Perjalanan Rudy menjadi mahasiswa di Aachen tidak berjalan mulus. Setelah banyak mendapat pertentangan dari mahasiswa mantan tentara pelajar mengenai visi misinya untuk membangun Indonesia, penelitiannya juga diambil pemerintah Jerman karena dikhawatirkan akan jatuh ke tangan komunis karena Indonesia tidak bergabung dengan NATO.

Habibie muda hampir menyerah dan ingin pulang ke Indonesia. Namun ia mendapat dukungan kuat dari ibunya serta selalu teringat kata-kata ayahnya agar ia menjadi sebuah ‘mata air’ untuk bangsanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement