Selasa 07 Jun 2016 17:27 WIB

Indonesia dan Fiji Jalin Kerja Sama Penanggulangan Bencana

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Hazliansyah
Topan memporak-porandakan Kepulauan Fiji, Ahad, 21 Februari 2016.
Foto: Jonacani Lalakobau/Fiji Times via AP
Topan memporak-porandakan Kepulauan Fiji, Ahad, 21 Februari 2016.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Indonesia melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendukung penanggulangan bencana Pemerintah Fiji. Dukungan tersebut terwujud melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Fiji.

Kepala BNPB Willem Rampangilei bersama Menteri Pertanian, Pembangunan Maritim dan Penanggulangan Bencana Fiji Inia Seruiratu menandatangani MoU bidang penanggulangan bencana pada Senin (6/6) di Suva, Fiji.

Willem mengatakan MoU ini merupakan awal dari hubungan kerjasama di bidang bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana.

"Pemerintah Indonesia selalu siap dalam mendukung Pemerintah Fiji, atas nama kemanusiaan," kata Willem dalam keterangan resmi BNPB yang diterima Republika.co.id, Selasa (7/6).

 

MoU tersebut merupakan terobosan kerja sama bilateral antara dua negara. Pemerintah Indonesia dan Fiji terdorong melakukan kerja sama penanggulangan bencana pascabencana topan Winston yang melanda Fiji pada Februari 2016 lalu.

Inia mengatakan, kerja sama dengan Pemerintah Indonesia telah menguatkan Pemerintah Fiji, khususnya masa pemulihan pascabencana. Di sisi lain, bantuan kemanusiaan Indonesia telah bermanfaat bagi masyarakat Fiji di wilayah terdampak.  

MoU kedua negara membahas mengenai beberapa poin, antara lain penguatan pertukaran pengalaman dan keahlian dalam konteks pencegahan dan kesiapsiagaan; adaptasi perubahan iklim dan pemulihan; pelatihan dan workshop; bantuan kemanusiaan; serta dukungan kerja sama lain yang disepakati.

Republik Kepulauan Fiji adalah sebuah negara kepulauan di selatan Samudra Pasifik, di sebelah timur Vanuatu, sebelah barat Tonga, dan sebelah selatan dari Tuvalu. Fiji memiliki 322 pulau, 106 di antaranya berpenghuni. Selain itu ada pula 522 pulau kecil.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement