Jumat 03 Jun 2016 21:21 WIB

Antisipasi Banjir, Rel KA di Porong Ditinggikan

Ilustrasi rel kereta api.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Ilustrasi rel kereta api.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Rel kereta api di kawasan Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, mulai ditinggikan hingga mencapai 60 centimeter ditambah penguatan tanah untuk mengantisipasi banjir di kawasan itu yang bisa terjadi saat arus mudik Lebaran 2016.

"Pengerjaan akan rampung sebelum H-10 Lebaran," kata Kepala KAI Daop 8 Surabaya Wiwik Widayanti di Surabaya, Jumat (3/6).

Selain di kawasan Porong, kata Wiwik, Daop 8 Surabaya juga sedang memperbaiki rel kereta api di kawasan Sumber Rejo, Bojonegoro, yang rawan amblas dengan melakukan penguatan tanah sebagai salah satu upaya kenyamanan arus Lebaran 2016.

Wiwik memprediksi jumlah penumpang di wilayahnya selama arus Lebaran 2016 akan mencapai 906.565 penumpang atau naik 5 persen dibanding total penumpang pada arus Lebaran 2015 yang tercatat sebanyak 863.396 penumpang.

"Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang tak terduga, kami juga sudah menyiapkan enam kereta api tambahan yang siaga selama arus Lebaran," ucapnya.

Selain itu, Wiwik mengatakan Daop 8 Surabaya juga telah menyiapkan sebanyak 355 gerbong kereta, sebanyak 18 di antaranya adalah gerbong cadangan.

"Dari jumlah tersebut, nantinya akan ada 75 perjalanan kereta api di Daop 8 Surabaya per hari, dengan rincian 28 perjalanan jarak jauh dan 47 KA jarak dekat," ucapnya.

Terkait dengan keamanan, Wiwik mengaku akan melakukan penambahan personel keamanan dengan menggandeng pihak Brimob yang akan ditempatkan di setiap stasiun dan disebar di setiap kereta api selama perjalanan.

"Nantinya, di setiap kereta akan ada Polsuska dan empat anggota Brimob untuk menjaga kemanan dan kenyamanan para penumpang selama arus mudik, dan total Daop 8 Surabaya akan menerjunkan 436 Polsuska, ditambah 188 Brimob," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement