Kamis 05 May 2016 19:32 WIB

Pangdam Siliwangi Sebut Tentara Masuk Desa Masih Dibutuhkan

Rep: Djoko Suceno/ Red: Achmad Syalaby
Prajurit TNI siap kawal pilkada serentak (ilustrasi).
Foto: Antara
Prajurit TNI siap kawal pilkada serentak (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -—Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Hadi Prasojo, mengatakan, kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat daerah terpencil untuk membangun sarana dan prasarana serta infrastruktur. 

Kegiatan TMMD tersebut bertujuan mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat yang berada do pedesaan tertinggal, terpencil, dan terisolir. “Keberadaan TNI untuk membangun sarana dan prasarana serta infrastruktur di wilayah bersama dengan instansi terkait lainnya masih sangat diperlukan sebagai bagian usaha mempercepat peningkatan kesejahteraan rakyat,’’kata  Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Hadi Prasojo, saat  membuka Kegiatan TMMD Ke-96 tahun 2016  di lapangan Kampung Leuwi Datar, Desa Sukasirna, Kecamatan  Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Selasa (3/5 ).

Pangdam mengatakan, program TMMD ini masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat, karena sebagian besar wilayah Indonesia saat ini merupakan daerah pedesaan, daerah tertinggal, terpencil dan terisolir. Melalui program ini, kata dia,  diharapkan dapat mewadahi aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah pedesaan. Sebab, kata dia,  proses perencanaan TMMD selalu diawali dengan melibatkan berbagai instansi dan masyarakat sebagai pelaku dan pengguna hasil kegiatan, serta disusun dengan sistem bottom up planning.

 Lebih lanjut, Pangdam menjelaskan  bahwa upacara Pembukaan TMMD Ke-96 kali ini, dilaksanakan secara serentak di Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Karawang,  Kabupaten Pandeglang, dan Kabupaten Cirebon. Kemudian pelaksanaan programnya dilakukan  secara lintas sektoral dengan melibatkan TNI, Kementerian, instansi terkait dan mayarakat di wilayah dimana TMMD ini dilaksanakan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement