Kamis 22 Feb 2024 04:04 WIB

Panglima TNI Ganti Wakil KSAD, Lima Pangdam, dan Danjen Kopassus

Pangdam Udayana Mayjen Bambang Trisnohadi dan Danjen Kopassus Brigjen Djon Afriandi.

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.
Foto: Republika/Prayogi
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal Agus Subiyanto memutasi 38 perwira tinggi (pati) yang menduduki posisi strategis di lingkungan TNI tiga matra, khususnya darat. Rotasi dan mutasi itu berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/216/II/2024 tanggal 21 Februari 2024 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI

"Ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 38 pati TNI terdiri dari 28 pati TNI AD, tiga pati TNI AL, dan tujuh pati TNI AU," ucap Kapuspen TNI Mayjen Nugraha Gumilar dalam siaran pers di Jakarta, Rabu (21/2/2024).

Baca: Dua Mantan Ajudan Presiden Jokowi Jabat Pangdam

Selain Wakil KSAD Letjen Arif Rahman yang memasuki masa pensiun, Jenderal Agus juga mengganti lima panglima kodam (pangdam). Mereka adalah Pangdam IV/Diponegoro dari Mayjen Tandyo Budi Revita kepada Mayjen Deddy Suryadi. Pangdam III/Siliwangi Mayjen Erwin Djatniko kepada Mayjen Mohammad Fadjar.

Pangdam Iskandar Muda dari Mayjen Novi Helmy Prasetya kepada Mayjen Niko Fahrizal. Pangdam XIII/Merdeka dari Mayjen Legowo WR Jatmiko kepada Mayjen Candra Wijaya. Pangdam IX/Udayana dari Mayjen Harfendi kepada Mayjen Bambang Trisnohadi.

Baca: Mengenal Raja Baru Malaysia, Junior Prabowo di Fort Bragg, AS

Adapun posisi Danjen Kopassus yang ditinggalkan Mayjen Deddy Suryadi akan ditempati Brigjen Djon Afriandi, yang sebelumnya menjabat Staf Khusus KSAD. Pangkat Djon pun akan naik menjadi bintang dua atau mayjen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement