Rabu 27 Apr 2016 21:48 WIB

Pemkot Tangerang Revitalisasi Sungai dan Situ

Rep: C35/ Red: Karta Raharja Ucu
Arief R Wismansyah
Foto: tangerangkota.go.id
Arief R Wismansyah

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pemkot Tangerang berencana memaksimalkan sungai dan situ sebagai destinasi wisata baru di kota seribu industri tersebut. Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah menyampaikan, rencana itu tertuang dalam konsep Tangerang sebagai kota layak dikunjungi, yang menjadi bagian dari konsep "Tangerang Live".

"Kita berencana untuk melakukan revitalisasi terkait fungsi bantaran kali, salah satunya kita akan membangun beberapa taman di pinggiran kali Cisadane. Selain nantinya bisa mempercantik kota hal tersebut tentunya juga bisa menjadi tempat rekreasi alternatif warga Kota Tangerang," kata dia, Selasa (26/4).

Selain itu, akan dilaksanakan pembangunan long storage yang di Situ Bulakan yang sudah beroperasi sejak awal 2016. Long Storage yang berfungsi sebagai saluran pembuangan untuk Kelurahan Priuk dan sekitarnya diharapkan mampu menampung limpasan air dari Kali Cirarab dan Kali Ledug, sehingga bisa mengurangi beban Situ Bulakan.

Ia menjelaskan, long storage yang panjangnya 500 meter juga akan dilengkapi dengan dua unit pompa air yang berkekuatan 100 liter per detik. Arief menjelaskan, Pemkot Tangerang ingin menjadikan sungai sebagai wajah kota.

Selain itu mereka juga berencana untuk membuat water way yang nantinya bisa tersambung dengan moda transportasi lain seperti kereta api maupun Transjakarta.

Rencana revitalisasi sungai sekaligus situ tersebut mendapatkan sambutan positif dari Kepala Balai Besar Sungai Ciliwung-Cisadane, T Iskandar. Ia mempersilahkan Pemkot Tangerang mengajukan konsep revitalisasi sungai dan situ kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement