Rabu 30 Mar 2016 08:48 WIB

Kiriman Uang TKI Sukabumi Capai Puluhan Miliar per Bulan

Rep: Riga Iman/ Red: Nur Aini
Kiriman uang TKI (ilustrasi)
Foto: mediapalu.com
Kiriman uang TKI (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID SUKABUMI — Jumlah kiriman uang dari para tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Kota/Kabupaten Sukabumi cukup tinggi. Setiap bulannya jumlah yang yang dikirimkan ke keluarga di tanah air mencapai puluhan miliar.

‘’ Rata-rata per bulannya jumlah kiriman uang mencapai Rp 43 miliar,’’ ujar Manajer Pelayanan Kantor Pos Sukabumi, Sudirman kepada wartawan di Sukabumi, Rabu (30/3).

Jumlah tersebut belum ditambah kiriman uang melalui lembaga jasa pengiriman uang lainnya. Data ini, ujar Sudirman, berdasarkan data pada 2015 lalu. Di mana, dalam setahun tercatat kiriman uang TKI asal Sukabumi mencapai Rp 700 miliar. Jika dirata-ratakan dalam sehari ada kiriman ang TKI sebesar Rp 2 miliar dengan ribuan transaksi pengiriman.

Menurut Sudirman, para TKI asal Sukabumi sebagian besar bekerja di Arab Saudi. Sementara sebagian TKI bekerja di negara Timur Tengah lainnya dan negara Asia. Sudirman mengungkapkan, biasaya jumlah pengiriman uang akan melonjak menjelang momen hari raya Idul Fitri dan pendaftaran sekolah. Hal ini karena, banyak keluarga di tanah air yang membutuhkan dana tambahan dibandingkan bulan sebelumnya.‘’ Pada tahun ini diperkirakan jumlah kiriman uang akan naik sekitar 20 persen,’’ ujar Sudirman.

Pada 2015 lalu jumlah kiriman uang pada momen ajaran baru sekolah mencapai Rp 155 miliar. Sudirman menerangkan, petugas siap melayani masyarakat yang akan mengambil kiriman uang di kantor pos terdekat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement