Rabu 09 Mar 2016 07:44 WIB

Warga Bandung Kumpul di Alun-Alun Sambut Gerhana Matahari

Rep: C26/ Red: Indira Rezkisari
Warga berkumpul pagi ini di Alun-Alun Bandung, (9/3), menyaksikan fenomena langka gerhana matahari.
Foto: C26
Warga berkumpul pagi ini di Alun-Alun Bandung, (9/3), menyaksikan fenomena langka gerhana matahari.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Ribuan warga Kota Bandung beramai-ramai berkumpul di Alun-alun Kota Bandung, Rabu (9/3) pagi ini. Warga ingin menyaksikan peristiwa alam yang langka yakni gerhana matahari.

Bandung memang hanya dapat melihat gerhana matahari sebagian. Meski demikian, warga tampak antusias menunggu puncak gerhana.

Seorang warga, Rani Irawati (26) rela berangkat pagi dari rumahnya di kawasan Antapani. Rani mengaku sangat bersemangat melihat peristiwa yang terakhir kali terjadi di Indonesia pada 1983 silam.

"Iya pengen lihat, namanya juga peristiwa langka," katanya kepada Republika.co.id.

Bertepatan dengan hari libur nasional, warga juga sekaligus menghabiskan liburannya di Alun-Alun Bandung. Warga menunggu sembari bermain bersama keluarganya.

Sebelumnya juga, Ribuan warga Kota Bandung melaksanakan shalat sunah gerhana matahari di Masjid Agung Bandung, Rabu (9/3). Shalat yang dimulai pukul 06.30 WIB tersebut berlangsung secara khidmat.

Berdasarkan pengamatan, cuaca Kota Bandung terpantau cerah. Matahari di ufuk barat pun dapat terlihat dengan jelas bersinar dengan teriknya.

Proses gerhana matahari di Bandung hanya tampak sekitar 88 persen. Proses itu diperkirakan berlangsung mulai pukul 06.20 WIB hingga 08.32 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement