Selasa 01 Mar 2016 16:09 WIB

Tak Hanya Tegas, Pemimpin DKI Jakarta Harus Humanis

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Winda Destiana Putri
Monas
Monas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat politik Heri Budianto menilai hal terpenting yang harus dimiliki seseorang yang ingin memimpin Jakarta adalah keberanian. Alasannya sebagai ibu kota negara, Jakarta itu menyimpan kompleksitas persoalan.

"Keberanian pemimpin DKI Jakarta itu mutlak. Tapi tak hanya berani dan tegas, pemimpin Jakarta juga harus memiliki pendekatan kerakyatan dan humanis," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Selasa (1/3).

Heri menilai hasil survei elektabilitas dan popularitas yang sampai kini masih menempatkan sosok Gubernur incumbent, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam posisi tertinggi masih belum menjadi jaminan untuk menang. Ia memberikan contoh bagaimana pengalaman yang pernah terjadi pada sosok Foke.

"Saat itu Foke memenangkan survei di hampir seluruh lembaga survei. Tapi kenyataannya Jokowi-Ahok justru bisa menjadi gubernur. Artinya, peluang itu masih ada," kata Heri.

Dia menyebut Adhyaksa Dault memiliki modal untuk maju sebagai kandidat calon Gubernur DKI Jakarta 2017. Modal yang telah dimiliki oleh Adhyaksa adalah pengalamannya sebagai mantan menteri dan pemimpin Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI).

"Hal lainnya, Bang Adhy punya ketegasan. Ini menjadi modal untuk maju di Jakarta," katanya dia.

Menurut Heri, keinginan yang sudah diungkapkan Adhyaksa untuk meramaikan Pilkada DKI Jakarta 2017 merupakan modal awal. Artinya, kata dia, sosok Adhyaksa memiliki keinginan untuk membangun Jakarta.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement